PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode Think pair share dengan metode Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa. Metode Think Pair Share dan metode Snowball Throwing merupakan metode yang sama-sama mengajak siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil analisis tahap akhir diperoleh rata-rata belajar kelas eksperimen I sebesar 76,80 dengan ketuntasan klasikal 73% dan rara-rata kelas eksperimen II sebesar 71,78 dengan ketuntasan klasikal 50%. Hasil uji perbedaan rata-rata dua pihak menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II, sedangkan pada uji perbedaan rata-rata satu pihak kiri menunujukkan bahwa kelas eksperimen I lebih baik dibandingkan kelas eksperimen II. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diberi metode Think pair share dengan metode Snowball Throwing. Selain itu hasil belajar kimia siswa yang diberi metode Think pair share lebih baik daripada hasil belajar kimia siswa yang diberi metode Snowball Throwing.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Damarsasi, D.G. 2012. Pengaruh penerapan metode inkuiri berbantuan e-modul kimia tehadap hasl belajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa SMA Negeri 1 Pangkah, Tegal. Skripsi. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.
Daniati, V. 2013. Peningkatan hasil belajar siswa dengan model kooperatif tipe snowball throwing pada pembelajaran seni tasi kelas VII C SMPN 1 Bukittinggi. E-jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang. 2(1): seri E.
Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kusuma, F. W. 2012. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan aktifitas belajar akuntansi siswa kelas xi ips 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. X(2): 43-63.
Marhaeni, M. A. 2013. The effect of think pair share technique on the english reading achievement of the student differing in achievement motivation at grade eight of SMPN 13 Mataram. E-jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan ganesha. Volume 1.
Pramudia, J. R. 2006. Orientasi baru pendidikan: perlunya reorientasi posisi pendidik dan peserta didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah.3(1): 29-38.
Rasyid, M., & Side, S. 2011. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN I Bajeng Kab. Gowa (Studi pada Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon) . Jurnal Chemica. 12: 69-76.
Septriana, N., & Handoyo, B. 2006. Penerapan think pair share (TPS) dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan prestasi belajar geografi. Jurnal Pendidikan Inovatif. 2(1): 47-50.
Siburian, T. A. 2013. Improving students’ achievement on writing descriptive test through think pait share. International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World. 3(3): 30-43.
Sugiyono, 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wicaksono. 2011. Strategi penerapan domain afektif di lingkungan perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan. 12(2): 112-119.
Widjajanti, E. 2011. Upaya peningkatan pemahaman konseptual dan keterampilan proses ilmiah mahasiswa pada praktikum kimia fisika II melalui model daur belajar 7E. Prosiding Seminar Nasional Kimia. Yogyakarta: 26 November 2011.
Winayah, I. R. 2013. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode praktikum dalam pembelajaran IPA fisika kelas VII B SMPN 7 Jember tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pembelajaran Fisika.