Analisis Pemahaman Konsep dan Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Hidrolisis Garam dengan Model Flipped Classroom Learning

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yuni Nur Azizah
Edy Cahyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil pemahaman konsep dan keterampilan abad 21 berupa keterampilan komunikasi dan keterampilan kolaborasi peserta didik  pada materi hidrolisis garam dengan model flipped classroom learning berbantuan google classroom. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SMA Negeri 01 Boja. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen lembar observasi untuk memperoleh profil keterampilan peserta didik dan tes evaluasi three tier multiple choice untuk memperoleh profil pemahaman konsep dan angket tanggapan mengenai model Flipped classroom learning. Flipped classroom learning adalah model instruksional dimana siswa mempelajari materi pelajaran di luar kelas melalui video pembelajaran, kegiatan belajar di dalam kelas dilakukan pembelajaran kolaboratif yang menekankan pada aktivitas siswa dalam kelompok.Hasil penelitian diperoleh profil pemahaman konsep peserta didik dengan kategori paham konsep sebesar 55,46%. Profil keterampilan komunikasi dan kolaborasi secara berturut-turut diperoleh rata-rata sebesar 3,46 dengan kriteria sangat baik dan 3,46 dengan kriteria sangat baik. Penerapan model pembelajaran ini memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk memahami materi pelajaran di dalam maupun di luar kelas, mereview materi pelajaran, dan membantu peserta didik yang pasif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2