Desain Instrumen Tes Berbasis Makroskopis, Mikroskopis, Simbolis untuk Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rani Lailatul Qodriyah
Endang Susilaningsih
Sri Haryani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis makroskopis, mikroskopis, dan simbolis (MMS) pada materi asam basa yang teruji untuk analisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Metode penelitian ini yaitu Research & Development (R&D) dengan desain model penelitian 4D meliputi tahap define, design, development, dan dissemination. Subjek penelitian ini berjumlah 120 siswa.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes dinyatakan valid oleh validator dengan rerata skor 29,33. Analisis kualitas instrumen dilakukan dengan analisis Item Classical Theory (ICT) dan Item Response Theory (IRT) dengan model Rasch. Nilai reliabilitas ICT pada masing-masing uji coba yaitu 0,7910; 0,9185; dan 0,8175 yang dinyatakan reliabel. Sedangkan nilai reliabilitas IRT Rasch uji coba skala besar dan implementasi masing-masing yaitu 0,91 dan 0,82. Hasil analisis respon siswa menunjukkan respon sangat bagus sebanyak 70 siswa, respon bagus sebanyak 48 siswa, dan respon kurang bagus sebanyak 2 siswa. Profil kemampuan berpikir kreatif yang dihasilkan yaitu 2% kategori sangat tinggi, 17% kategori tinggi, 55% kategori sedang, 15% kategori rendah, dan 11% kategori sangat rendah. Instrumen yang dihasilkan telah teruji layak, valid, dan reliabel serta dapat digunakan untuk analisis kemampuan berpikir kreatif berbasis makroskopis, mikroskopis, dan simbolis.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##