PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PRODUK ARTIKEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Resa Ani Lestari
Subiyanto Hadisaputro
Murbangun Nuswowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMA Negeri 8 Semarang melalui pembelajaran berbasis proyek dengan produk artikel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 8 Semarang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan angket. Hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa rara-rata nilai pos-test kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen adalah sebesar 81,97 dan kelas kontrol sebesar 77,63. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan antara sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dan setelah diberikan perlakuan (pos-test) yaitu kelas eksperimen peningkatannya sebesar 0,73 pada kriteria tinggi sementara kelas kontrol sebesar 0,67 pada kriteria sedang. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai afektif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan produk artikel dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Resa Ani Lestari, Jurusan Kimia UNNES

Jurusan Kimia

References

Bas, G., 2011. Investigating The Effect Of Project-Based Learning On Students` Academic Achievement and Attitudes Towards English Lesson. The Online Journal Of New HorizonIn Education, 1(4). 1-15.
Grant, M.M., 2002. Getting A Grip On Project-Based Learning: Theory, Cases and Recommendations. Meridian: A Middle School Computer Technologies Journal, 5(1). 116-32.
Gultekin, M., 2005. The Effect of Project Based Learning on Learning Outcomes in the 5th Grade Social Studies Course in Primary Education. Department of Primary Education 26470 Eskisehir-Turkey, 5(1). 548-56.
Hayati, M.N., Supardi, K.I. & Miswadi, S.S., 2013. Pengembangan Pembelajaran IPA SMK Dengan Model Kontekstual Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1). 53-58.
Kemendikbud, 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah.
Lasa Hs, 2009. Peran Perpustakaan dan Penulis Dalam Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Visi Perpustakaan, 11(2). 6-14.
Rose, R.A. & Prasetya, A.T., 2014. Keefektifan Strategi Project Based Learning Berbantuan Modul Pada Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2). 1360-69.
Sastrika, I.A.K., Sadia, I.W. & Muderawan, I.W., 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.
Sholikhati, A., Wahyukaeni, T. & Binadja, A., 2012. Model Pembelajaran Bervisi SETS Melalui Diskusi Fish Bowl Menggunakan Artikel Kimia. Chemistry In Education , 1(1). 21-27.
Siwa, I., Mudermawan, I. & Tika, I., 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganaesha , 3. 1-12.
Slameto, 2003. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, W., 2015. The Strengths and Weaknesses of the Implementation of Project Based Learning: A Review. International Journal of Science and Research, 4(3). 478-84.
Supardi, K.I. & Putri, I.R., 2010. Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia dari Internet Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1). 574-81.
Susilowati, I., Iswari, R.S. & Sukaesih, S., 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia. Unnes Jurnal Of Biology Education, 2 (1). 82-90.
Yance, D., Ramli, E. & Mufit, F., 2013. Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar of Physics Education, 1. 48-54.