Desain Instrumen Tes TOSLS Terintegrasi Schoology untuk Mengukur Keterampilan Literasi Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mipa Amarul Haq
Sigit Priatmoko

Abstract

Proses pembelajaran dewasa ini lebih menekankan kepada peserta didik untuk lebih aktif, mandiri belajar dan berpikir kritis dalam mempelajari setiap cabang ilmu. Penilaian berbasis literasi sains perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat keterampilan literasi sains peserta didik sekaligus evaluasi proses pembelajaran. Salah satu referensi penilaian tersebut adalah Test of Science Literacy Skills (TOSLS) yang merupakan hasil pengembangan dari Cara Gormally dengan sembilan indikator keterampilan didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes dengan indikator TOSLS terintegrasi Schoology dan mengetahui kualitasnya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D yang melibatkan subjek penelitian di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Kudus. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis data. Hasil uji coba skala kecil diperoleh 27 butir soal terpakai dari 35 butir soal awal dengan nilai reliabilitas 0,936. Taraf kesukaran belum berproporsi ideal dengan 11,1% soal mudah, 88,9% soal sedang, dan tidak ada soal sukar. Proporsi daya beda yaitu 4% sangat jelek, 4% kategori jelek, 7% berkategori cukup, 59% kategori baik, 26% berkriteria sangat baik. Profil keterampilan literasi sains peserta didik paling tinggi terdapat pada membuat grafik yang dapat merepresentasikan data sebesar 54,17%. Sedangkan keterampilan dalam membaca dan menginterpretasikan data memiliki presentase paling rendah dengan 34,25%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>