Desain LKPD Model SSCS untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kecerdasan Interpersonal

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Alya Qothrunnada
Sri Wardani
Sri Haryani
Nanik Wijayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain LKPD berbasis model search, solve, create, dan share (SSCS), menganalisis kelayakan, serta keefektifan penggunaan LKPD. Desain lembar kerja peserta didik (LKPD) dalam penelitian ini digunakan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif serta kecerdasan interpersonal untuk materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D (define, design, development, and disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA SMA Negeri 1 Limbangan, kabupaten Kendal. Metode pengumpulan data penelitian ini mengguanakan metode wawancara, tes, observasi, serta angket. Desain LKPD berbasis model search, solve, create, dan share (SSCS) memenuhi kelayakan untuk dapat diimplementasikan yaitu dari hasil validasi, angket keterlaksanaan, serta tanggapan peserta didik setelah menggunakan LKPD yaitu didapatkan rata-rata persentase hasil berturut-turut sebesar 93,13%; 90,84%; dan 84,14% yang tergolong sangat layak. Keefektifan LKPD telah dianalisis dan didapatkan bahwa LKPD efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dengan nilai N-gain sebesar 0,57 yang tergolong sedang dan kecerdasan interpersonal diperoleh rata-rata nilai 84,61 yang tergolong sangat baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4