PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ishri Arju Syafangah
Kumar Pujiati
Harjito Harjito
Ersanghono Kusumo

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan ketuntasan belajar siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 2 Magelang. Desain penelitian terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklusnya terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Hasil yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik persentase dan rasio. Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas belajar siswa siklus 2 pada aspek memperhatikan penjelasan guru atau teman, berpendapat saat pembelajaran, bertanya saat pembelajaran, mampu maju untuk menjawab soal atau masalah yang diberikan guru, mampu menanggapi pertanyaan atau pendapat, mampu mengambil keputusan atau kesimpulan, dan berani mempresentasikan hasil diskusi di depan teman-teman berturut-turut adalah 99,1; 67,9; 75,0; 75,9; 67,9; 76,8; dan 81,3. Hasil tersebut lebih tinggi daripada persentase aktivitas belajar siswa pada kegiatan pra siklus dan siklus 1. Sedangkan siswa yang tuntas belajarnya mulai dari pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 berturut-turut adalah 7, 12, 22 dari 28 siswa. Jadi, penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan belajar siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 2 Magelang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Adesoji, F.A. & Ibraheem, T.L., 2009. Effects of student teams-achievement divisions strategy and mathematics knowledge on learning outcomes in chemical kinetics. The Journal of International Social Research, 2(6): 15-25.
Choiriyah, M. & Mualif, H., 2011. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar kimia materi pokok senyawa hidrokarbon. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 5(2): 784-789.
Efriana, C., 2012. Faktor-faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa tingkat III program studi diploma III kebidanan stikes u'budiyah banda aceh. Jurnal Ilmiah Stikes U'budiyah, 1(2): 12-18.
Eralita, N., Redjeki, T. & Hastuti, B., 2012. Efektivitas model pembelajaran kooperatif metode STAD dan TAI dilengkapi LKS terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa pada materi pokok koloid kelas XI SMA N kebakkramat tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1): 56-66.
Khan, G.N. & Inamullah, H.H., 2011. Effect of student's team achievement division (STAD) on academic achievement of students. Asian Social Source, 7(12): 211-215.
Nugroho, U. & Edi, S.S., 2009. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi keterampilan proses. Jurnal Pendidikan Fisika, 106-112.
Nurcahyani A, N., Mulyani, B. & Mahardiani, L., 2012. Efektivitas metode pembelajaran STAD berbasis SETS berbantuan macromedia flash terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok perubahan fisika dan kimia kelas VII semeseter genap SMP negeri 14 surakarta tahun ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1): 19-25.
Riyana, C., 2008. Komponen-Komponen Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.
Slavin, R.E., 2014. Cooperative learning and academic achievement: Why Does Groupwork Work. Anales de Psicologia, 30(3): 785-791.
Sudjana, 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.
Supartono, Wijayati, N. & Sari, A.H., 2009. Kajian prestasi belajar siswa SMA dengan metode student teams achievement divisions melalui pendekatan chemo-enterpreneurship. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1): 337-344.
Trianto, 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Wirasanti, S., Thomas, P. & Setiyani, R., 2012. Efektivitas metode kooperatif STAD terhadap prestasi belajar akuntansi kompetensi dasar jurnal umum. Economic Education Analysis Journal, 1(1): 1-8.