Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Guided Inquiry Learning untuk Peserta Didik SMK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aida Saefa Fitriarieswa
Sri Wardani
Sri Haryani
Harjito Harjito

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar elektronik berbasis guided inquiry learning pada materi minyak bumi untuk melatih keterampilan pemecahan masalah peserta didik SMK. Jenis Penelitian merupakan penelitian R & D menggunakan model pengembangan ADDIE. ADDIE meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi bahan ajar, lembar angket kepraktisan bahan ajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis kelayakan bahan ajar berupa validitas dan kepraktisan bahan ajar. Penelitian menghasilkan bahan ajar yang memiliki karakteristik berupa bahan ajar elektronik yang diunggah ke dalam google drive agar peserta didik mudah menggunakannya. Bahan ajar juga disusun menggunakan sintaks guided inquiry learning sesuai konteks kejuruan SMK TKRO dan dilengkapi soal keterampilan pemecahan masalah. Bahan ajar memperoleh skor 92,26 % dengan kategori sangat valid berdasarkan penilaian ahli materi dan media. Bahan ajar memperoleh skor 86,36 % dengan kategori sangat praktis berdasarkan hasil respon peserta didik SMK. Saran dari penelitian ini adalah perlu dikembangkannya bahan ajar menggunakan media lain agar bahan ajar lebih interaktif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Aida Saefa Fitriarieswa, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Sri Wardani, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Sri Haryani, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Harjito Harjito, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang