Pengembangan Media Pembelajaran Katalog IPS berbasis Potensi Lokal di Kabupaten Semarang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Noviani Achmad Putri
Fredy Hermanto
Ochita Irianna
Pramudya Akbar Dewangga
Heldy Prasetya
Ngainun Nisa

Abstract

Potensi daerah merupakan segala kekayaan asli yang dimiliki oleh suatu daerah dan memiliki kemungkinan untuk dikembangkan dan dimaksimalkan oleh mereka yang ada disana. Namun permasalahan yang timbul adalah potensi lokal tersebut belum sepenuhnya dimaksimalkan untuk berbagai aspek bidang kehidupan salah satunya di dunia Pendidikan yakni sebagai sumber belajar IPS. Pengoptimalisasian potensi lokal sebagai pengembangan media pembelajaran Katalog menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan kualitas hasil belajar IPS. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan metode Research and Development (R&D) untuk menghasilkan media pembelajaran Katalog IPS berbasis potensi lokal Kabupaten Semarang. Dalam penelitian ini terdiri 3 tahap yaitu Desain Media, Proses Pembuatan Produk Media, dan Evaluasi. Hasil penelitian ini meliputi: 1) Penelitian pengembangan Katalog Potensi Lokal untuk melestarikan nilai-nilai konservasi yang dilakukan melalui tahapan analisa kebutuhan, pembuatan produk, validasi ahli materi dan media, revisi produk, validasi ahli materi dan media kemudian finalisasi produk; 2) Hasil akhir kelayakan media berdasarkan ahli materi mendapatkan skor rata-rata sebesar 81,4. Berdasarkan nilai tersebut maka materi media katalog berada pada kategori sangat layak yang diukur menggunakan skala likert. Kelayakan media berdasarkan ahli media mendapatkan skor rata-rata sebesar 85. Berdasarkan nilai tersebut maka media katalog berada pada kategori sangat layak yang diukur menggunakan skala likert.


 


Regional potential is all the original wealth that is owned by an area and has the possibility to be developed and maximized by those who live there. However, the problem that arises is that local potential has not been fully maximized for various aspects of life, one of which is in the world of education, namely as a social studies learning resource. Optimizing local potential as a development of catalog learning media is one solution in social studies learning outcomes. This research method is development research using the R&D method to produce social studies catalog learning media based on the local potential of Semarang Regency. This research consists of 3 stages, namely Media Design, Media Product Creation Process, and Evaluation. The results of this research include: 1) Research on the development of a Local Potential Catalog to preserve conservation values ​​which was carried out through the stages of needs analysis, product creation, material and media expert validation, product revision, material and media expert validation and then product finalization; 2) The final result of media suitability based on material experts received an average score of 81.4. Based on this value, the catalog media material is in the very appropriate category as measured using a Likert scale. Media feasibility based on media experts gets an average score of 85. Based on this value, the media catalog is in the very feasible category as measured using a Likert scale.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang tujuan pembelajaran IPS.

Widalismana, M., Yulaini, E., Wiwid, S., dan Anggrainy, F. 2017. Pengaruh Media Katalog Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Ekonomi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Jurnal Neraca. 1 (2): 106 – 123.

Purwanto, D. 2013. Pengembangan Media Komik IPA Terpadu Tema Pencemaran Air sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa. 1 (1): 71 – 76.

Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Salatiga. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 1–13. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1377

Nasso, V. 2006. Learning with Media and Technology (Educational Design of Learning Environments catagry), E19.2158

Hobbs, R. 2010. News Literacy: What Works and What Doesn’t. Association for Education in Journalism and Mass Communication (AEJMC) Conference. Denver, Colorado. Dipetik 3 7, 2017, dari http://works.bepress.com/ reneehobbs/1.

Hakim, L., Fatmaryanti, S. D. 2018. Studi Pendahuluan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Etnosains Fotografi Untuk Meningkatkan Kemampuan berfikir Siswa. 223-227.

Maulida K., dan Pribadi, J. D. 2017. Pembuatan Katalog dengan Aplikasi Coreldraw sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Kunjungan di Wisata Blayu Lesti Lestari Wajak Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis. 5-8.

Fatmasari, S., Rita, E. S. D., dan Rahayu, P. 2017. Pengaruh Media Katalog terhadap Pemahaman Konsep dan Berfikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Regulasi di SMA. Jurnal Sains & Entrepreneurship IV. 315-322.

Widalismana, M., Baedhowi., dan Sawiji, H. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Katalog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA NEGERI 5 Surakarta.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.

Haryati, S. 2012. Research dan Development (R&D) sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika. 37 (1) : 11-16.

Most read articles by the same author(s)