- Abstract viewed - 1149 times
- PDF downloaded - 1497 times
Affiliations
Hepi Endrias
Affiliation not stated
Kasmui Kasmui
Affiliation not stated
Agung Tri Prasetya
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Lies Lestariningtias, Kasmui Kasmui, Kasmadi Imam Supardi, Sri Susilogati Sumarti, Analisis Pencapaian Kompetensi Kognitif Kimia Peserta Didik Materi Redoks Dan Tata Nama Senyawa Melalui Two Tier Digital Test , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Nanda Ayu Lestari, Nanik Wijayati, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Analisis Miskonsepsi Siswa Materi Asam Basa Menggunakan Two-Tier Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Harris Afriantono, Kasmui Kasmui, Kasmadi Imam Supardi, Endang Susilaningsih, PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Ita Mawaddah, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi terhadap Keterampilan Metakognisi Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Zerlinda Febriana, Kasmui Kasmui, DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY IS FUN BERBASIS ANDROID PADA MATERI TITRASI ASAM BASA , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Delta Oktaviana, Antonius Tri Widodo, Kasmui Kasmui, EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI HIDROLISIS , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Naftalina Ulik Adhelia, Endang Susilaningsih, Kasmui Kasmui, Sri Haryani, Desain Instrumen Three Tier Multiple Choice Diagnostic Test Berbantuan E-Project Technology Untuk Analisis Pemahaman Konsep Siswa , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Salsabila Syafari Zaza, Kasmui Kasmui, Sri Wardani, Agung Tri Prasetya, Pengaruh Media Kahoot Berbasis Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Kimia , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Farah Nur Rohmah, Endang Susilaningsih, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Desain Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Bermuatan High Order Thinking Skills untuk Menganalisis Kompetensi Minimum Siswa Materi Asam-Basa , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Siti Maimunah Febriani, Sri Haryani, Agung Tri Prasetya, Nuni Widiarti, Puji Ningrum, Kelayakan dan Keefektifan Bahan Ajar Pengayaan Berbasis Literasi Sains Materi Hidrolisis Garam , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
Kelayakan dan Keefektifan Bahan Ajar Pengayaan Berbasis Literasi Sains Materi Hidrolisis Garam
Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
Submitted: Jul 28, 2022
Published: Dec 8, 2022
Abstract
Tujuan dari penelitian yang dilakukan ialah mengetahui kelayakan dan efektivitas bahan ajar pengayaan berbasis literasi sains materi hidrolisis garam. Penelitian yang dilakukan menggunakan model penelitian 4D yang tahapannya meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen pengumpul data yang digunakan yaitu lembar penilaian bahan ajar, skala keterbacaan bahan ajar, dan instrumen tes. Penilaian ahli dan tingkat keterbacaan digunakan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar pengayaan, sedangkan uji N-Gain dan paired sample t test pada hasil pretest-posttest digunakan untuk menilai efektivitas bahan ajar pengayaan. Hasil analisis kelayakan yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi berturut-turut adalah 52,5 dan 106,5 dengan masing-masing kriteria sangat layak. Berdasarkan skala keterbacaan siswa, bahan ajar pengayaan secara keseluruhan dinilai memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi. Hasil analisis keefektifan menunjukkan bahwa (1) ketuntasan klasikal siswa meningkat dari 85,40 persen menjadi 100 persen tuntas dan (2) meningkatnya rerata hasil belajar siswa dari 75,73 menjadi 89,38. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar pengayaan berbasis literasi sains pada materi hidrolisis garam yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan pada program pengayaan.