- Abstract viewed - 649 times
- PDF downloaded - 1837 times
Affiliations
Aris Tri Susanto
Jurusan Kimia FMIPA UNNES
Nanik Wijayati
Affiliation not stated
Harjono Harjono
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Intan Cahyaningrum, Sri Mursiti, Woro Sumarni, Harjono Harjono, Pengaruh Praktikum Berbasis Guided Inquiry Berbantuan Virtual Lab terhadap Keterampilan Proses Sains , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Nanda Ayu Lestari, Nanik Wijayati, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Analisis Miskonsepsi Siswa Materi Asam Basa Menggunakan Two-Tier Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Rika Ayu Lestari, Endang Susilaningsih, Harjono Harjono, Sri Susilogati Sumarti, Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Berpendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Hidrolisis , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Utami Agustin, Endang Susilaningsih, Sri Nurhayati, Nanik Wijayati, Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Multiple Choice untuk Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Amalina Artani, Sri Susilogati Sumarti, Sigit Priatmoko, Harjono Harjono, PENGARUH PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Erlinda Eka Kurniawati, Sri Susilogati Sumarti, Nanik Wijayati, Murbangun Nuswowati, Pengaruh Project Based Learning Berorientasi Chemoentrepreneurship Berbantuan e-LKPD terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Wirausaha , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Chinta Celi Ayu Cendana, Harjono Harjono, Sri Haryani, Murbangun Nuswowati, Korelasi Persepsi Kemampuan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa selama Pandemi Covid-19 di SMA Unggulan Nurul Islami Mijen , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Adhina Choiri Putri, Sri Wardani, Murbangun Nuswowati, Harjono Harjono, PENGARUH PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Lutfi Afifaturrochmah, Sri Susilogati Sumarti, Murbangun Nuswowati, Nanik Wijayati, ANALISIS HASIL BELAJAR DAN SELF EFFICACY BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA MENGGUNAKAN E-LKPD BERMUATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Inca Pritonasya Milaningsih, Sri Susilogati Sumarti, Nanik Wijayati, Triastuti Sulistyaningsih, Pengembangan E-LKPD Bermuatan Chemo-Entrepreneurship untuk Menumbuhkan Minat Wirausaha Peserta Didik dengan Bantuan Flipbook dan Liveworksheet , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Pengembangan E-LKPD Bermuatan Chemo-Entrepreneurship untuk Menumbuhkan Minat Wirausaha Peserta Didik dengan Bantuan Flipbook dan Liveworksheet
Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Submitted: Aug 19, 2022
Published: Apr 28, 2023
Abstract
Pembelajaran dengan e-LKPD bermuatan CEP di SMA N 2 Bae Kudus belum diterapkan dan masih menggunakan buku paket yang disediakan sekolah. Hal tersebut dapat mengakibatkan ketuntasan klasikal belum terpenuhi yaitu sebesar 47%. Pada awal pembelajaran minat wirausaha peserta didik dalam kategori baik. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan bahan ajar untuk menumbuhkan minat wirausaha peserta didik yang berbasis teknologi untuk menyesuaikan kondisi peserta didik di zaman modern. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan inovasi bahan ajar berupa e-LKPD bermuatan CEP dengan bantuan flipbook dan liveworksheet yang layak dan efektif dalam pembelajaran hidrolisis garam, serta mengetahui respon dari peserta didik dan guru setelah menggunakan e-LKPD tersebut. Model pengembangan yang digunakan yaitu 3D yang dimodifikasi dari 4D oleh Thiagarajan. Uji kelayakan terhadap e-LKPD yang digunakan memperoleh persentase 90,83% pada validasi ahli materi dan 88,125% pada ahli media. Hasil analisis uji keterbacaan dalam kategori sangat baik. Keefektifan e-LKPD melalui perhitungan n-gain diperoleh hasil 0.62 dan minat wirausaha peserta didik mengalami pertumbuhan dari 66,45% menjadi 83,62%. E-LKPD yang dikembangan mendapatkan respon yang baik dari peserta didik dan guru kimia. Kesimpulan yang diperoleh adalah e-LKPD bermuatan CEP yang dikembangkan layak dan efektif, serta memperoleh tanggapan yang baik dari peserta didik dan guru.