- Abstract viewed - 805 times
- PDF downloaded - 2315 times
Affiliations
Tri Budi Yuliyati
Semarang State University
Edy Cahyono
Universitas Negeri Semarang
Nanik Wijayati
Universitas Negeri Semarang
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Siti Rosiyanah, Nanik Wijayati, Masturi Masturi, Students Critical Thinking Skills in Project-Based Learning Assisted by Edmodo Social Networking Site , Journal of Innovative Science Education: Vol 8 No 3 (2019): December 2019
- Ade Resti, Ella Kusumastuti, Agnesya Putri G, Jumaeri Jumaeri, Nanik Wijayati, Optimalisasi Konsentrasi Demulsifier pada Proses Demulsifikasi MInyak Mentah dalam Slop Oil , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 2 (2020)
- Isnaeni Nurul Ulya, Jumaeri Jumaeri, Wawan Wawan, Endah Fitriani Rahayu, Nanik Wijayati, Uji Aktivitas Katalitik Hidrodesulfurisasi Campuran Light Gas Oil (LGO) dan Light Diesel Oil (LDO) dengan Katalis CoMo/ γ-Al2O3 , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 2 (2020)
- Imam Syafi'i, Edy Cahyono, F. Widhi Mahatmanti, Dante Alighiri, Sintesis Ï-mentana-3,8-diol dan Aplikasinya sebagai Gel Air Freshener Penolak Nyamuk Aedes aegypti , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 3 (2020)
- Fatin Atikah Nata Sya'idah, Nanik Wijayati, Murbangun Nuswowati, Sri Haryani, Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan e-LKPD Materi Hidrolisis Garam terhadap Hasil Belajar Peserta Didik , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Eka Ahmad Rofiq, Rochmad Rochmad, Edy Cahyono, Students’ Mathematical Representation Ability in Word Problems with Learning Cycle 7E Based on Cognitive Style , Unnes Journal of Mathematics Education Research: Vol 10 No 2 (2021): December 2021
- Tri Anita Juniar, Sri Susilogati Sumarti, Murbangun Nuswowati, Nanik Wijayati, Pengembangan LKPD Berbasis PBL dengan Orientasi CEP untuk Mengembangkan Minat Wirausaha dan Hasil Belajar Peserta Didik , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Laela Apriliastuti Fitriana, Nanik Wijayati, Yuli Utanto, The Effectiveness of Android-Based Learning Media on Science Lesson Content to Increase Motivation and Digital Literacy of Grade V Elementary School Students , Journal of Primary Education: Vol 11 No 1 (2022): March 2022
- Tasya Syalsya Dhila, Endang Susilaningsih, Nanik Wijayati, Agung Tri Prasetya, Pengembangan Asesmen Tes Penilaian Bermuatan Triangle Level pada Pemahaman Konsep Materi Laju Reaksi , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Alfian Noor Maulana, Sri Nurhayati, Nanik Wijayati, Eko Budi Susatyo, Desain Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis POGIL Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Hidrolisis Garam , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
Desain Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis POGIL Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Hidrolisis Garam
Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
Submitted: Aug 13, 2022
Published: Dec 8, 2022
Abstract
Berpikir kritis adalah keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik saat ini. Hasil observasi di SMA N 2 Ungaran menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan keaktifan peserta didik masih rendah khususnya pada materi kimia. LKPD merupakan media pembelajaran yang bisa melatih berpikir kritis. POGIL adalah salah satu model pembelajaran yang bisa menuntut keaktifan peserta didik dengan melakukan pembelajaran secara berkelompok. Penelitian dilakukan untuk mendesain dan mengembangkan LKPD berbasis POGIL yang layak serta melatih keterampilan peserta didik pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Hasil validasi materi LKPD oleh ketiga validator berturut-turut adalah 113; 112; dan 93 dengan keterangan layak. Hasil validasi media LKPD oleh ketiga validator berturut-turut 162; 156; dan 147 dengan keterangan layak. Hasil angket respon menunjukkan 16 peserta didik memberi penilaian sangat praktis dan 20 peserta didik memberi nilai praktis. Keefektifan LKPD melalui tes menunjukkan hasil ketuntasan klasikal sebesar 100% serta nilai rata-rata 92,78. Berdasarkan data yang telah dihimpun maka LKPD POGIL layak, praktis, dan efektif digunakan.