- Abstract viewed - 1566 times
- PDF downloaded - 2129 times
Affiliations
Hani Prima Rasydta
Affiliation not stated
Wisnu Sunarto
Affiliation not stated
Sri Haryani
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Ahmad Roisul Mubarok, Woro Sumarni, Wisnu Sunarto, PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PRODUK COCOLEAF CRAFT ART TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP REDOKS SISWA KELAS X , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Izza Ratna Kumala, Woro Sumarni, Sri Haryani, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Naftalina Ulik Adhelia, Endang Susilaningsih, Kasmui Kasmui, Sri Haryani, Desain Instrumen Three Tier Multiple Choice Diagnostic Test Berbantuan E-Project Technology Untuk Analisis Pemahaman Konsep Siswa , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Rani Lailatul Qodriyah, Endang Susilaningsih, Sri Haryani, Desain Instrumen Tes Berbasis Makroskopis, Mikroskopis, Simbolis untuk Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Siti Marfu'ah, Sri Haryani, Endang Susilaningsih, Cepi Kurniawan, Pengembangan Instrumen Tes untuk Analisis Keterampilan Metakognisi pada Materi Larutan Penyangga , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Nabila Izmi Farikh, Sri Haryani, Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Redoks , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Farah Nur Rohmah, Endang Susilaningsih, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Desain Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Bermuatan High Order Thinking Skills untuk Menganalisis Kompetensi Minimum Siswa Materi Asam-Basa , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Siti Maimunah Febriani, Sri Haryani, Agung Tri Prasetya, Nuni Widiarti, Puji Ningrum, Kelayakan dan Keefektifan Bahan Ajar Pengayaan Berbasis Literasi Sains Materi Hidrolisis Garam , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Audith Sulthan Ontowijoyo, Sri Nurhayati, Sri Wardani, Sri Haryani, Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Problem Based Learning Berpendekatan Flipped Classroom Pada Materi Hidrolisis , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Khilda Ayu Lengkanawati, Endang Susilaningsih, Sigit Priatmoko, Sri Haryani, Pengembangan Instrumen Tes Literasi Membaca Bermuatan Asesmen Kompetensi Minimum pada Materi Asam-Basa , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Pengembangan Instrumen Tes Literasi Membaca Bermuatan Asesmen Kompetensi Minimum pada Materi Asam-Basa
Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Submitted: Aug 22, 2022
Published: Apr 28, 2023
Abstract
Pendidikan di Indonesia selama masa pandemi COVID-19 mengalami kehilangan pembelajaran literasi dan numerasi. Kemendikbudristek kemudian menyusun Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum pemulihan pembelajaran dan menetapkan Asesmen Nasional (AN). Dalam AN terdapat Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang digunakan untuk mengukur tingkat kognitif literasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes literasi membaca bermuatan AKM pada materi asam-basa. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan dengan desain ADDIE. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 1 Cilimus. Instrumen pengumpulan data berupa lembar wawancara, angket dan soal tes. Teknik analisis data yaitu analisis instrumen tes dengan model Rasch dan analisis instrumen non tes yang terdiri atas analisis validitas isi dan estimasi reliabilitas angket respon user. Hasil penelitian mengenai analisis validator instrument tes, angket respon siswa dan guru memenuhi kategori sangat valid, artinya instrumen layak untuk pengujian. Hasil analisis butir soal pada uji pendahuluan menunjukkan konsistensi jawaban dari siswa cukup, namun kualitas butir soal aspek reliabilitasnya lemah. Tahap implementasi menunjukkan konsistensi jawaban dari siswa cukup, namun kualitas butir soal aspek reliabilitasnya bagus. Estimasi reliabilitas menurut nilai Alpha Cornbach memenuhi kategori bagus. Hasil analisis lembar angket respon user menunjukkan tanggapan positif terhadap instrumen tes yang dikembangkan.