- Abstract viewed - 390 times
- pdf downloaded - 837 times
Affiliations
Alika Rindangsari Nurrahmah
Mahasiswa
Harjono Harjono
Affiliation not stated
Nanik Wijayati
Affiliation not stated
Sigit Priatmoko
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Intan Cahyaningrum, Sri Mursiti, Woro Sumarni, Harjono Harjono, Pengaruh Praktikum Berbasis Guided Inquiry Berbantuan Virtual Lab terhadap Keterampilan Proses Sains , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Nanda Ayu Lestari, Nanik Wijayati, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Analisis Miskonsepsi Siswa Materi Asam Basa Menggunakan Two-Tier Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Rika Ayu Lestari, Endang Susilaningsih, Harjono Harjono, Sri Susilogati Sumarti, Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Berpendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Hidrolisis , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Utami Agustin, Endang Susilaningsih, Sri Nurhayati, Nanik Wijayati, Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Multiple Choice untuk Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Amalina Artani, Sri Susilogati Sumarti, Sigit Priatmoko, Harjono Harjono, PENGARUH PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Erlinda Eka Kurniawati, Sri Susilogati Sumarti, Nanik Wijayati, Murbangun Nuswowati, Pengaruh Project Based Learning Berorientasi Chemoentrepreneurship Berbantuan e-LKPD terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Wirausaha , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Apriliani Arifatul Afwah, Jumaeri Jumaeri, Sigit Priatmoko, Endang Susilaningsih, Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Schoology pada Materi Larutan Penyangga , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Chinta Celi Ayu Cendana, Harjono Harjono, Sri Haryani, Murbangun Nuswowati, Korelasi Persepsi Kemampuan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa selama Pandemi Covid-19 di SMA Unggulan Nurul Islami Mijen , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Adhina Choiri Putri, Sri Wardani, Murbangun Nuswowati, Harjono Harjono, PENGARUH PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Lutfi Afifaturrochmah, Sri Susilogati Sumarti, Murbangun Nuswowati, Nanik Wijayati, ANALISIS HASIL BELAJAR DAN SELF EFFICACY BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA MENGGUNAKAN E-LKPD BERMUATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
ANALISIS HASIL BELAJAR DAN SELF EFFICACY BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA MENGGUNAKAN E-LKPD BERMUATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP
Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
Submitted: Oct 28, 2020
Published: Dec 16, 2021
Abstract
Salah satu fokus dari pembelajaran adalah hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis profil hasil belajar dan self efficacy berwirausaha peserta didik pada pembelajaran larutan penyangga menggunakan E-LKPD bermuatan CEP di SMA Negeri 2 Kebumen. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian mix methods dengan metode eksplanatori sekuensial. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kajian pustaka, wawancara, tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data instrumen penilaian hasil belajar dilakukan dengan validitas ahli materi, validitas butir soal, dan reliabilitas. Hasil validitas ahli materi yaitu 67,86% dengan kategori “layakâ€dan reliabilitas sebesar 0,53 dengan kategori “cukupâ€. Hasil validitas pakar instrumen lembar observasi dan angket berturut-turut mendapat skor 90,28% dan 85,42% dengan kategori “sangat layakâ€. Profil hasil belajar kognitif menunjukkan nilai rata-rata peserta didik belum mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan perolehan nilai sebesar 78 dan persentase hasil ketuntasan klasikal sebesar 67%. Nilai rata-rata peserta didik pada aspek psikomotorik dan afektif sudah mencapai ketuntasan belajar klasikal berturut-turut sebesar 81 dan 85 dengan persentase hasil ketuntasan klasikal berturut-turut sebesar 83% dan 97%.