Studi Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar Sejarah di SMA Negeri Se-Kota Magelang dalam Kurikulum 2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan sumber belajar sejarah di SMA Negeri se-Kota Magelang dalam Kurikulum 2013 dengan pokok permasalahan pengetahuan dan pemahaman guru sejarah mengenai sumber belajar sejarah, pemanfaatan sumber belajar sejarah di SMA Negeri 1 Magelang dan SMA Negeri 2 Magelang dan juga kendala-kendala yang dihadapi guru sejarah dalam pemanfaatan sumber belajar sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Magelang dan SMA Negeri 2 Magelang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di SMA Negeri 1 Magelang dan SMA Negeri 2 Magelang telah mengetahui dan memahami mengenai sumber belajar sejarah baik dari jenis dan bentuknya, namun dalam pemanfaatan setiap guru berbeda dikarenakan guru lebih memilih sumber belajar yang paling dikuasai.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal Indonesian Journal of History Education agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.