PENGGUNAAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DI SMP NEGERI 1 BATANG

  • Pratiwi Chrisnanda Nurmanuel Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Buku Sekolah Elektronik (BSE), Sumber Belajar, Pembelajaran IPS Sejara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman, penggunaan BSE dalam pembelajaran IPS sejarah,  serta  efektifitas  penggunaan  Buku  Sekolah  Elektronik  sebagai  sumber  belajar  di  SMP Negeri 1 Batang.  Penelitian  ini  merupakan  jenis  penelitian  kualitatif.  Informan  dalam  penelitian  ini  adalah  guru IPS, siswa, kepala sekolah, bendahara BOS, petugas perpustakaan. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. pemahaman guru dan siswa, penggunaan BSE serta efektifitas penggunaannya merupakan fokus dalam penelitian ini. Teknik pemilihan informan pada penelitian ini adalah dengan purposive sampling. Hasil penelitian Penggunaan BSE sebagai sumber belajar  dalam  pembelajaran  IPS  sejarah  belum  efektif  dilaksanakan,  dikarenakan  kurangnya pemahaman guru dan siswa mengenai BSE, kurangnya pemanfaatan fasilitas-fasilitas sekolah guna mendukung pembelajaran elektronik khususnya penerapan sistem BSE..

 

This study aims to determine the understanding, use of BSE in social studies learning history, as well as the effective use of Electronic School Book as a learning resource in SMP Negeri 1 Batang. This research is qualitative research. Informants in this study were social studies teachers, students, principals,  BOS  treasurer,  librarian.  The  data  obtained  through  interviews,  observation,  and documentation. understanding of teachers and students, the use of BSE and the effectiveness of its use  is  the  focus  of  this  research.  Selection  techniques  informants  in  this  study  is  the  purposive sampling. The results use BSE as a learning resource in the history of social studies learning has not effectively implemented, due to lack of understanding of teachers and students regarding BSE, the  lack  of  utilization  of  school  facilities  to  support  the  implementation  of  electronic  learning systems especially BSE ..

How to Cite
Nurmanuel, P. (1). PENGGUNAAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DI SMP NEGERI 1 BATANG. Indonesian Journal of History Education, 2(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/2165