The Differences in Historical Social Studies Learning Outcomes Between The Concept Map Learning Model and The Lecture Learning Model Vary

  • Lya Fransiska SMP N 1 Kandeman (Junior High School)
Keywords: Learning Outcomes, Concepts Map, Lectures Vary

Abstract

This article intends to examine differences in learning outcomes of IPS history subjects using a concept map of learning models compared with varied lecture models. Concept maps are applied in the experimental classes and lectures, and a varied learning model is applied in the control class. The population in this study consisted of students in grade IX SMP Negeri 1 Kandeman year 2011/2012, which amounted to 240 students. Sampling was conducted using random cluster sampling and obtained class A as class IX experiments (learning model concept map) and class class IX B as a control (lecture learning models vary). Learning outcomes by using a learning model map better than the concept of learning outcomes IPS History lecture on learning models vary. Advice and researchers hope that History Teachers can use the IPS model of learning a concept map as an alternative in teaching history to improve student learning outcomes and make learning history and social studies fun and exciting.

References

Abadi, P. R., & Hanif, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Blog Terhadap Prestasi Belajar IPS-Sejarah Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sukomoro Kabupaten Magetan. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 5(02), 60-98.

Darsono, M. (2001). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang.

Eva, D. P. (2012). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan peta konsep terhadap kemampuan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa sma n 3 sukoharjo.

Franedia, D. (2015). Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran game edukatif who wants to be a millionaire dengan media microsoft office power point pada mata pelajaran IPS sejarah kleas VIII SMPN 1 Bangil (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Fransiska, L. (2012). Perbedaan Hasil Belajar Ips Sejarah Antara Model Pembelajaran Peta Konsep Dengan Model Pembelajaran Ceramah Bervariasi. Indonesian Journal of History Education, 1(1).

Hamalik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Harahap, R. H., & Harahap, M. B. (2012). Efek model pembelajaran advance organizer berbasis peta konsep dan aktivitas terhadap hasil belajar fisika siswa. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 32-37.

Hasnawati, N. (2012). Perbedaan hasil belajar IPS Sejarah antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode karyawisata dan metode konvensional di kelas VII MTs Sunan Kalijogo Malang.

Ikmah, S. F., Margunani, M., & Yulianto, A. (2012). Efektifitas Penerapan Metode Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Berbantuan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 1(1).

Jayanti, N. K., Suarjana, I. M., & Widiana, I. W. (2014). pengaruh model pembelajaran heuristik-V berbantuan peta konsep terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Leo Agung, S. (2012). Pengembangan model pembelajaran sejarah sma berbasis pendidikan karakter di solo raya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4), 412-426.

Lutfi, S. P. (2013). Perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan media kartun sejarah dengan yang diajar tanpa menggunakan media kartun sejarah pada mata pelajaran sejarah semester genap tahun ajaran 2013/2014 di SMA Negeri 9 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Mariyam, S. N. (2013). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Antara Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning Dengan Studi Kasus Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013.

Mc Clure, J.R, Sonak, dan Suen, H. K. (1999). Concept Map Assesment of Classroom Learning : Reliability Validity, and Logistical Practicality. Journal of Research in Science Teaching. 36 : 475-492.

Novak, J. D, Gowin. (1985). Learning How to Learn. London: Cambridge University Press.

Rosana, L. N. (2014). Pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar sejarah siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 34-44.

Ruiz-Primo, Schultz & Shavelton. (1997). Concept Maps Based Assement in Science: Two Exploratory Studies CSE Technical Report 436. Los Angeles: University of California.

Sari, A. P. (2014). Studi Komparasi Hasil Belajar Antara Pembelajaran Ceramah Bervariasi dan Model Pembelajaran Langsung Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2).

Sari, I. D. P., & Suprijono, A. (2015). Pengaruh Metode Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri I Ngimbang. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 3(2).

Setyaningsih, R. A. B. (2012). Perbedaan hasil belajar IPS Sejarah antara siswa yang belajar dengan menggunakan LKS dan yang belajar dengan model picture and picture berbasis Microsoft Powerpoint di SMP Negeri 8 Malang.

Silayusa, N. P., Dantes, D. N., & Suarni, D. N. K. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Audio Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPS Siswa SMALB di SLB A Negeri Denpasar. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1).

Siregar, E. S., & Sentosa, S. U. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Tantom Angkola. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 2(2).

Sugiyono.(2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiani, W. (2011). Perbedaan hasil belajar IPS sejarah antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran learning cycle dan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 3 Batu tahun ajaran 2010/2011 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Vianata, H. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa. Indonesian Journal of History Education, 1(1).

Widianti, S. (2014). Keefektifan Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPS. Journal of Elementary Education, 3(2), 64-70.

Wirahadi, R. (2012). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (TSTS) dengan Ceramah Bervariasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 13 Padang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Published
2016-03-15
How to Cite
Fransiska, L. (2016). The Differences in Historical Social Studies Learning Outcomes Between The Concept Map Learning Model and The Lecture Learning Model Vary. Indonesian Journal of History Education, 1(1), 11-18. https://doi.org/10.15294/ijhe.v1i1.244