Penggunaan Bahan Ajar Sejarah Peminatan dan Apresiasi Siswa SMA/MA Kabupaten Brebes
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahan ajar Sejarah Peminatan materi ‘Peradaban Awal Dunia’ oleh guru sejarah di tiga SMA/MA di Brebes, kemudian untuk mengetahui apresiasi siswa terhadap bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran sejarah, dan implementasi bahan ajar pada pembelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan buku ajar yang disediakan sekolah belum optimal, meskipun demikian guru menggunakan bahan ajar yang bervariatif sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Apresiasi siswa pada aspek menghargai dan menilai buku ajar menunjukan keseragaman, namun pada aspek menghayati/memaknai siswa dari dua sekolah yakni MAN 2 Brebes dan SMA N 1 Bantarkawung diketahui sebagian kecil tidak memiliki buku ajar penunjang yakni LKS dan ringkasan materi yang disusun oleh guru yang mengidikasikan bahwa siswa belum menghayati/ memaknai buku ajar sebagai unsur yang penting dalam pembelajaran sejarah. impelentasi bahan ajar oleh guru dilakukan dengan mengintegrasikan bahan ajar dalam metode pembelajaran yang menarik bervariasi, namun dua dari tiga sekolah mengalami kendala dalam teknis penggunaan media pembelajaran yakni ketersediaan LCD dan Proyektor yang kurang memadai.
References
Gordon, M. (2014). Using Humorous Video Clips To Enhance Student’s Understanding, Engagement, And Critical Thinking. Jurnal. Cambrige University Press. Vol 13. Hal 85-97
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Handoyo, E. (2015). Studi Masyarakat Indonesia. Yogyakarta: penerbit Ombak
Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran: Mengambangkan Standar Potensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Purnomo, A. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Semarang: Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNNES
Radityo, S dan Atmaja, H.T. (2016). Studi Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar Sejarah Di SMA Negeri Se-Kota Magelang Dalam Kurikulum 2013. Indonesian Journal of History Education No. 4. Hal. 58.
Sulistiawan, E., Jayusman dan R. Suharso. (2019). Modul Peninggalan Sejarah Hindu-Buddha sebagai Bahan Ajar Alternatif bagi Siswa SMA Kabupaten Semarang. Indonesian Journal of Histtory Education No. 7. Hal. 25.
Yaqin, Ainul M. (2007). Pendidikan Multikultural Untuk Demokrasi Dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.
Zahra, F. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Pokok Bahasan Islamisasi Berbasis Peninggalan Sejarah Masjid Agung Demak. Indonesian Journal of History Education No. 1. Hal. 18.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal Indonesian Journal of History Education agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.