PENERAPAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nestri Yunarti
Eko Budi Susatyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan hasil belajar materi larutan penyangga model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dan model pembelajaran kooperatif Make a Match. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling karena populasi mempunyai homogenitas yang sama. Penelitian ini menggunakan dua sampel, yaitu kelas eksperimen I mendapatkan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dan kelas eksperimen II mendapatkan model pembelajaran kooperatif Make a Match. Desain penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil belajar meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Uji t digunakan untuk menilai aspek kognitif dan diperoleh thitung (3,193) lebih dari tkritis (1,997). Rata-rata nilai aspek afektif pada kelas eksperimen I (3,72) lebih dari kelas eksperimen II (3,58). Rata-rata nilai aspek psikomotorik pada kelas eksperimen I (3,55) lebih dari kelas eksperimen II (3,34). Hasil penelitian menyimpulkan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif Make a Match.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Baskoro, F., S. Saputro, & B. Hastuti. 2013. Upaya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar dengan model pembelajaran nht (numbered heads together) dilengkapi lks pada materi termokimia siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia. 2 (2) : 85-91.

Chonstantika, A. L., Haryono, & S. Yamtinah. 2013. Penerapan pembelajaran model make a match dan diskusi kelompok untuk meningkatkan motivasi berprestasi, rasa ingin tahu, dan prestasi belajar pada materi hidrokarbon siswa kelas X-6 di SMA Negeri 2 Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia. 2 (3) : 25-33.

Huda, M. 2013. Cooperative learninig. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kalsum, S., P. K. Devi, Masmiani, & H. Syahrul. 2009. Kimia 2 kelas XI SMA dan MA. Jakarta: PT.Remaja Rosdakarya.

Keenan, C. W., D.C. Kleinfelter, & J. H. Wood. 1980. Kimia untuk universitas jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Manurung, I. W., B. Mulyani, & S. Saputro. 2013. Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif numbered heads together (nht) dan learning together (lt) dengan melihat kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi tata nama senyawa kimia kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia. 2 (4) : 24-31.

Mappeasse, M. Y. 2009. Pengaruh cara dan motivasi belajar terhadap hasil belajar programmable logic controller (plc) siswa kelas III jurusan listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK. 1 (2) : 1-6.

Muraya, D. N. & G. Kimamo. 2011. Effects of cooparative learning approach on biology mean achievement scores of secondary school students’ in machakos district, kenya. Educational Research and Reviewes. 6 (12) : 726-745.

Mustamin, S. H. 2010. Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan asesmen kinerja. Lentera Pendidikan. 13 (1) : 33-43.

Qurniawati, A., Sugiharto, & A. N. C. Saputro. 2013. Efektivitas metode pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) dengan media kartu pintar dan kartu soal terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon kelas X semester genap SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia. 2 (3) : 166-174.

Rifa’i, A. & C. T. Anni. 2009. Psikologi pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Saptorini. 2011. Strategi pembelajaran kimia. Semarang: Jurusan Kimia FMIPA UNNES.

Siswanto, J. & S. Rechana. 2011. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe nht (numbered heads together) menggunakan peta konsep dan peta pikiran terhadap penalaran formal siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika. 2 (2) : 178-188.

Sudjana. 2002. Metoda statistika. Bandung: PT.Tarsito Bandung.

Sunhadji, K. 2012. Perbedaan hasil belajar peserta didik antara model pembelajaran ceramah dan model pembelajaran numbered heads together pada mata pelajaran sosiologi. Solidarity. 1 (1) : 37-40.

Wijaya, Y. A. & J. A. Pramukantoro. 2013. Pengaruh teknik pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat menerapkan dasar-dasar elektronika digital di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Teknik Elektro. 2 (1) : 161-167.

Wydiagustina, L., Erviyenni, & L. Anwar. 2012. Penerapan pembelajaran kooperatif make a match untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan reaksi redoks di kelas X SMA Negeri 2 Kuantan Hilir.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>