Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi STEM Pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Terhadap Keaktifan Siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Siti Nurfaijah
Woro Sumarni
Sri Susilogati Sumarti
Cepi Kurniawan

Abstract

“Pembelajaran aktif merupakan pendekatan pembelajaran yang lebih banyak melibatkan aktifitas siswa dalam mengakses berbagai informasi dan pengetahuan untuk dibahas dan dikaji dalam proses pembelajaran dikelas, sehingga mereka dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensinyaâ€. Studi literatur menunjukkan model pembelajaran yang dapat berpengaruh terhadap keaktifan siswa yaitu project based learning (PjBL) dengan STEM. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh project based learning terintegrasi STEM terhadap keaktifan siswa dan mengetahui seberapa besar pengaruh project based learning terintegrasi STEM terhadap keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Quasi dengan desain Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Cirebon sebanyak 32 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji T. Hasil analisis menunjukkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM berpengaruh terhadap keaktifan siswa.


Kata Kunci:  Project Based Learning, STEM, keaktifan siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>