PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP ISLAM AL AZHAR 29 SEMARANG

  • Adila Bunga Mewangi Prodi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang
  • Arif Purnomo Prodi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang
  • Asep Ginanjar Prodi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang
Keywords: Digital Literacy; Social Skills; Social Learning

Abstract

The aim of this study is to analyze the effects of digital literacy on social skills in social learning at nineth grade students of SMP Islam Al Azhar 29 Semarang. This study is underlain by how technology is changing education patterns in classroom,  so that it affects students’ habitus, which one of them is social skills. The method of this study was quantitative research with ex post facto approach. Thirty seven students of nineth grade students in SMP Islam Al Azhar 29 Semarang were choosen to be sample by random sampling method. Data collection is done through questionnaire, documentation and observation.The result of this study showed that there was a positive effect of digital literacy on social skills in social learning at nineth grade students of SMP Islam Al Azhar 29 Semarang which was indicated by a correlation coefficient value 0,652,the coefficient of determination value 0,426 with regression equation value = 26,824 + 0,707X.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap keterampilan sosial dalam pembelajaran IPS pada peserta didik kelas IX SMP Islam Al Azhar 29 Semarang.Latar belakang penelitian ini adalah adanya perubahan pada pola pembelajaran di kelas menuju digital learningsehingga memengaruhi habitus peserta didik, salah satunya pada aspek keterampilan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Sampel yang digunakan sebanyak 37 peserta didik kelas IX SMP Islam Al Azhar 29 Semarang yang dipilih menggunakan metode random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif literasi digital terhadap keterampilan sosial peserta didik kelas IX dalam pembelajaran IPS di SMP Islam Al Azhar 29 Semarang, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,652, nilai koefisien determinasi sebesar 0,426 dengan nilai persamaan regresi =26,824+0,707X.

Published
2020-08-19