Kreativitas Guru IPS Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Pada SMP Negeri 2 Semarang dan MTs Negeri 1 Semarang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ananda Sekar Tunjung
Arif Purnomo

Abstract

The teacher has an important role in the implementation of learning. Therefore, it must be able to use social media learning and be able to develop social media learning with creativity that is owned so that learning can be achieved optimally. The research method used is a qualitative method. The results showed that (1) the instructional media used by the teacher were LCD, maps, globe, pictures, video, puzzles, naget crowns and couple card (2) creativity of social studies teachers in developing learning media is done through collaboration with peers, teachers develop media searching on the internet, and teachers develop media by utilizing materials in the environment (3) evaluation of the usefulness of learning media that is media can clarify the material, the media cause childrens learning motivation to increase, and the media can improve the interaction relationship between teachers ans students.

Guru mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu harus bisa menggunakan media pembelajaran IPS dan dapat mengembangkan media pembelajaran IPS dengan kreativitas yang dimiliki agar pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) medoa pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu LCD, peta, globe, gambar, video, puzzle, mahkota naget dan couple card (2) kreativitas guru IPS dalam pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui kolaborasi dengan teman sejawat, guru mengembangkan media mencari di internet, dan guru mengembangkan media dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di lingkungan (3) evaluasi kebermanfaatan dengan media pembelajaran yaitu media dapat memperjelas materi, media menyebabkan motivasi belajar anak meningkat, dan media dapat meningkatkan hubungan interaksi antara guru dan siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Tunjung, A., & Purnomo, A. (2020). Kreativitas Guru IPS Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Pada SMP Negeri 2 Semarang dan MTs Negeri 1 Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(1), 63-71. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i1.38718

References

Abdullah, Ramli. Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. (Lantanida Journal Vol. 4 No. 1, 2016).
Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Agustina, 2015. “Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Negeri 1 dan 2 Kecamatan Sebaris Kabupaten Padang Pariaman”. Dalam Journal administrasi pendidikan, No 1. Hal. 663-759. Agustina, Titik. 2016. “Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII MTs egeri Galur Tahun Ajaran 201/201. Journal. Hal 581-590.
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arsad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Yogyakarta:DIVA Press
Daud, Adzalina Mohd. 2012. Creativity in science education. Journal Social and Behavioral Scence. O 59. Hal 467-474.
Depdiknas (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta:Depdiknas.
Endayani, Heni. 2017. Pengembangan Materi Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, vol 1.
Fauzi Monawati. 2018. Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Junal Pesona Dasar, vol.6.
Ginanjar, Asep. 201. Penguatan Peran IPS dalam Meningkatkan Ketrampilan Sosial Peserta Didik. Journal Harmonia. No. 1. Vol 1. Hal 118-126.
Ibrahim, Halil. 2011. An Investigation on Teaching on Teaching Materials Used in Social Stuudies Lesson. Journal of Education Technology. Vol 20. Hal 36-44.
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jakarta: PT. Diva Press.
Moleong, Lexy J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nisa, Aisah Nur Saiddatun. 2017. “Analisis Kesiapan Guru IPS di SMP se-Kecamatan Bawang Banjarnegara dalam mendukung Implementasi Kurikulum 2013”. Journal Harmony. Vol 1. No 1. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Purnomo, Arif. 201. Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada pembelajaran IPS SMP egeri 1 Purwantoro Wonogiri”. Journal. Surakarta:Universitas Negeri Semarang.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: ALFABETA.
Sanaky, AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-interaktif. Yogyakarta: Kaukuba Dipantara.
Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta:Kencana Penada Media Group.
Siswoyo, Dwi. 2005. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UY Press.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.