PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMP ALAM AR-RIDHO SEMARANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Firdaus Akmal
Arif Purnomo
Rudi Salam

Abstract

Ar-Ridho Natural Junior High School is a school that has included entrepreneurship education in its school curriculum. The objectives of the study were: 1) to expost enterpreneurship education of Ar–Ridho Natural High School; 2) to study students’s enterpreneurial interest; and 3) to reveal the extent of the effect of entrepreneurship education on the emergence of entrepreneurial interest in students of Ar-Ridho Natural Junior High School Semarang. This research uses a quantitative method approach with the Expost Facto research design. The results indicate that the average value of Entrepreneurship Education at Ar-Ridho Semarang Junior High School was located at the high category, while the average value of Entrepreneurial Interest of students at the Alam Ar-Ridho Junior High School Semarang was located at the high category. The Constant Value is 16,803 which means that if the application of Entrepreneurship Education is equal to zero, then the consistent value of the variable entrepreneurship interest is 16,803. The coefficient of variable X is 1,307. The conclution of this study is the Entrepreneurship Education influences the Entrepreneurial Interest of students of Alam Ar-Ridho Semarang Junior High School.


SMP Alam Ar–Ridho Semarang merupakan sekolah yang sudah memasukkan pendidikan kewirausahaan di dalam kurikulum sekolahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengungkap bagaimana penerapan pendidikan kewirausahaan pada siswa SMP Alam Ar–Ridho Semarang; 2) bagaimana minat berwirausaha siswa SMP Alam ArRidho Semarang; dan 3) bagaimana pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap munculnya minat berwirausaha siswa SMP Alam Ar–Ridho Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan desain penelitian Expost Facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata–rata Pendidikan Kewirausahaan SMP Alam Ar–Ridho Semarang terletak pada kategori tinggi, sedangkan nilai rata–rata Minat Berwirausaha siswa SMP Alam Ar– Ridho Semarang terletak pada kategori tinggi. Nilai Konstanta adalah sebesar 16,803 mengandung arti bahwa jika penerapan Pendidikan Kewirausahaan sama dengan nol, maka nilai konsisten variabel minat berwirausaha adalah sebesar 16,803. Koefisien variabel X sebesar 1,307. Kesimpulan penelitian ini adalah Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha siswa SMP Alam Ar–Ridho Semarang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Akmal, F., Purnomo, A., & Salam, R. (2020). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMP ALAM AR-RIDHO SEMARANG. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(1), 7-15. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i1.36793

References

Alma, Buchari. 2010. Kewirausahaan. Bandung: CV. Alfabeta
------------------. 2011. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta
------------------. 2016. Kewirausahaan (edisi Revisi). Bandung: Alfabeta
Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Aktif dan Inovatif. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Bourgeois, A. 2012. ‘Enterpreneurship Education at School in Europe: National Strategies, Curicula and Learning Outcomes.’ Brussels. Jurnal. https://doi.org/10.2797/80384
Budiati, Yuli., Tri Endang Yani., Nuria Universari . (2012). ‘Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang’. Jurnal Dinamika Sosial
Budaya, Vol 14 No 1, Jurnal. Hal. 89-101.
Gunawan, I. 2016. Manajemen Kelas. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang
Handoko, Martin. 2003. Motivasi Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisius.
Hendro. 2011. Dasar – dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.
Hidayat, Ali Akhmad Noor. 2019. Jumlah Pengusaha di Indonesia Baru dua persen dari Total Penduduk. Tempo.co.
Tersedia: http://bisis.tempo.co/amp/1254508/jumlah-pengusaha-di-indonesia-baru-2-persen-dari-total-penduduk
Jaelani, Muhammad., Rusdarti., Sudarma, Ketut. 2017. ‘Pengaruh Kewirausahaan, Motivasi Belajar, Sosial Ekonomi Orang tua, dan Self Efficacy terhadap Minat Berwirausaha Siswa.’ Journal of Economic Education, Vol 6 No. 1. Jurnal. Hlm 53. Tersedia: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec
Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). 2010. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Bahan Pelatempotihan Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Priansa, Donni Juni. 2010. Menumbuhkan Jiwa Enterpeneur dalam Diri Siswa. Bandung: PT. Setia Purna Inves.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatuif. R&D. Bandung: Alfabeta.
----------. 2017. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan RnD. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sumarno. 2019. ‘Anasilis Konseptual Teoretik Pendidikan Kewirausahaan sebagai Solusi Dampak Era Industri Dampak Era Industri 4.0 di Indonesia’. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Tahun 2019. Vol 13 No. 2. Jurnal. hlm. 1Tilaar, H.A.R. 2012. Pengembangan Kreativitas dan Enterpreneurship dalam Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.
Tilaar, H.A.R. 2015. Pedagogik Teoretis untuk Indonesia. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara
Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003. Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Sibar Grafika.
Wibowo, Agus. 2011. Pendidikan Kewirausahaan: Konsep dan Strategi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widiasworo, Erwin. 2017. Inovasi Pembelajaran Berbasis Lifeskill dan Enterpreneurship. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media.
Wrigley, H.S. 2003. ‘Knowledge in Action: The Promise of Project Based Learning, Focus, and Basic.’ Journal vol.2.j.3
Yanto. 1996. ‘Peluang Kerja dan Minat Berwirausaha di Kalangan Siswa Sekolah Teknologi Menengah Negeri Pembangunan Pekalongan’. Laporan Penelitian. IKIP Semarang.
Semarang.


.