EFEKTIVITAS PEMANFAATAN POSTER CANDI NGEMPON SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 1 BERGAS
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
This research is a research that aims to determine the level of effectiveness of the use of Ngempon Temple posters as a learning source of social science studies in SMP Negeri 1 Bergas. The method in this study is quantitative. The results of this study is that using Ngempon Temple posters as a learning sources of social science studies can be implemented effectively, by the results of students learning activities are about 9.67% are included in the sufficient criteria, 61.29% are included in the high criteria, and 29.03% are included in the very high category. The outcomes of students’ cognitive learning are high after the researcher gives a treatment, which is there are 15 students who can obtain the score of Minimum completeness criteria (KKM). The analysis of the students responses also classified in high criteria, namely 16.12% are very good, 74.19% are good, and only 9.67% are included in the sufficient criteria.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan pemanfaatan poster Candi Ngempon sebagai sumber belajar IPS di SMP Negeri 1 Bergas. Metode dalam penelitian ini yakni kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu pemanfaatan poster Candi Ngempon sebagai sumber belajar IPS efektif diterapkan, dengan hasil aktivitas belajar peserta didik yaitu sebanyak 9,67 % termasuk dalam kriteria cukup, 61,29% termasuk dalam kriteria tinggi, dan 29,03% dalam kategori sangat tinggi. Hasil belajar kognitif peserta didik tinggi setelah diberikan treatment, yakni 15 peserta didik mampu mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Serta respon peserta didik yang tergolong tinggi,yaitu dengan hasil analisis respon peserta didik sebanyak 16,12% sangat baik, 74,19% baik dan hanya 9,67% yang termasuk dalam kriteria cukup.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
All writings published in this journal are personal views of the authors and do not represent the views of this journal and the author's affiliated institutions. Author(s) retain copyrights under the license of Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).
References
Azmi, Narizky. 2014. Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Duhri, Desi Rahmawati. 2014. Pemanfaatan candi Sebagai Sumber Belajar IPS di SMP Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogjakarata: Universitas Negeri Yogyakarta.
Hamalik, Umar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Jailani, M Syahran. 2016. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Pendidikan Islam. Vol.10.2
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Rosda Karya.
Farhatin, Duroh, dkk. 2016. Pemanfaatan Situs Candi Ngempon Sebagai Sumber Belajar Sejarah di MA Darul Ma’arif Pringapus. Indonesian Journal of History Education. Vol 4. 2
Mulianingsih, Ferani dkk. 2019. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Bagi Guru MGMP IPS SMP Kota Semarang Sebagai Wujud Konservasi Sosial Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Harmony. Vol.4.1
Purnomo, Arif, dkk. 2016. Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Materi Kontroversi (Controversy Issues) Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 33.1
Santrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Salam, Rudi. 2017. Efektifitas Penanaman Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Metode Karyawisata Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Profesi Keguruan. Vol.1.105-106
Widiastuti, Eko Heri. 2017. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. Satya Widya, Vol. 33.1
Wijianigsih, Untari. 2019. Museum daerah Lumajang Sebagai Sumber belajar Pembelajaran di Kabupaten Lumajang Tahun 2015-2017. Skripsi. Jember: Universitas Jember.