Pengembangan Bahan Ajar Sejarah dengan Menampilkan Eksistensi Bangunan Peninggalan Masa Kolonial di Lasem Menggunakan Booklet pada Pokok Bahasan Kolonialisme dan Imperialisme Belanda di Indonesia pada SMAN 1 Lasem

  • Rahmad Ardiansyah
  • R Suharso
  • Ba'in Ba'in

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan bahan ajar sejarah eksistensi bangunan peninggalan kolonialisme Belanda di Lasem dilihat dari hasil validasi oleh validator ahli materi dan media. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau RnD (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembuatan bahan ajar booklet melalui beberapa tahapan pengembangan bahan ajar yang baik (2) penilaian ahli materi dari aspek kelayakan isi diperoleh skor 91%, kelayakan penyajian 86% dan kelayakan bahasa 84%. Sedangkan ahli media dari aspek kelayakan kegrafikan diperoleh skor 91% artinya sudah sangat baik. Tanggapan guru didapati bahwa booklet yang dikembangkan peneliti sudah cukup bagus dan layak untuk dipergunakan sebagai acuan bahan ajar sejarah lokal di Kabupaten Rembang.

Published
2017-10-01
How to Cite
Ardiansyah, R., Suharso, R., & Ba’in, B. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah dengan Menampilkan Eksistensi Bangunan Peninggalan Masa Kolonial di Lasem Menggunakan Booklet pada Pokok Bahasan Kolonialisme dan Imperialisme Belanda di Indonesia pada SMAN 1 Lasem. Indonesian Journal of History Education, 4(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/18096