PEMANFAATAN MONUMEN PALAGAN AMBARAWA SEBAGAI SUM- BER BELAJAR SEJARAH

  • Riza Sururi Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Minat Belajar, Pemanfaatan Monumen, Sumber Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalampenelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Islam Sudirman Ambarawa. Pengambilan sampel dalampenelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan desain Pretes-Posttest ControlGroup Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan siswakelas XI IPS 1 adalah kelas eksperimen. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yangdigunakan berupa metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakandalam penelitian ini adalah statistik deskriptif.Dari hasil penelitian dapat dilihat ada perbedaan antara minat belajar sejarah kelas eksperimenyang diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan Monumen Palagan Ambarawa sebagaisumber belajar dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan khusus. Model pembelajarandengan melakukan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah hendaknya diterapkan oleh guru se-bagai salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah sehingga siswa tidak merasa jenuh dantermotivasi untuk lebih giat belajar sejarah.

This research is quantitative experimental design . The population in this study were students ofclass XI SMA Sudirman Ambarawa Islam . The samples in this study using simple randomsampling design with pretest - posttest control group design . Samples were students of class XI IPS2 as the control class and the students of class XI IPS 1 is the experimental class . In this research,data collection methods used in the form of a questionnaire method and the method ofdocumentation . Data analysis techniques used in this research is descriptive statistics .From the results of the study can be seen there is a difference between interest in learning thehistory of experimental class learning treated using Ambarawa Theater Monument as a learningresource with control classes were not given special treatment . Learning model with a visit tohistoric places should be implemented by teachers as an alternative to learning history so thatstudents do not feel bored and motivated to study harder history .
How to Cite
Sururi, R. (1). PEMANFAATAN MONUMEN PALAGAN AMBARAWA SEBAGAI SUM- BER BELAJAR SEJARAH. Indonesian Journal of History Education, 2(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/2179
Section
Articles