PEMANFAATAN MONUMEN PALAGAN AMBARAWA SEBAGAI SUM- BER BELAJAR SEJARAH

  • Riza Sururi Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Minat Belajar, Pemanfaatan Monumen, Sumber Belajar

Abstract

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuantitatif  dengan  desain  eksperimen.  Populasi  dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Islam Sudirman Ambarawa. Pengambilan sampel dalam penelitian  ini  menggunakan  teknik  Simple  Random  Sampling  dengan  desain  Pretes-Posttest  Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas  XI  IPS  1  adalah  kelas  eksperimen.  Dalam  penelitian  ini  metode  pengumpulan  data  yang digunakan berupa metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Dari hasil penelitian dapat dilihat  ada perbedaan antara minat belajar sejarah kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan Monumen Palagan Ambarawa sebagai sumber  belajar  dengan  kelas  kontrol  yang  tidak  diberi  perlakuan  khusus.  Model  pembelajaran dengan melakukan  kunjungan  ke  tempat-tempat  bersejarah  hendaknya  diterapkan  oleh guru  se-bagai  salah  satu  alternatif  dalam  pembelajaran  sejarah  sehingga  siswa  tidak  merasa  jenuh  dan termotivasi untuk lebih giat belajar sejarah.

 

This research is quantitative experimental design . The population in this study were students of class  XI  SMA  Sudirman  Ambarawa  Islam  .  The  samples  in  this  study  using  simple  random sampling design with pretest - posttest control group design . Samples were students of class XI IPS 2 as the control class and the students of class XI IPS 1 is the experimental class . In this research, data  collection  methods  used  in  the  form  of  a  questionnaire  method  and  the  method  of documentation . Data analysis techniques used in this research is descriptive statistics . From  the  results  of  the  study  can  be  seen  there  is  a  difference  between  interest  in  learning  the history of experimental class learning treated using Ambarawa Theater Monument as a learning resource  with  control  classes  were  not  given  special  treatment  .  Learning  model  with  a  visit  to historic  places  should  be  implemented  by  teachers  as  an  alternative  to  learning  history  so  that students do not feel bored and motivated to study harder history .
How to Cite
Sururi, R. (1). PEMANFAATAN MONUMEN PALAGAN AMBARAWA SEBAGAI SUM- BER BELAJAR SEJARAH. Indonesian Journal of History Education, 2(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/2179