PERUBAHAN TATA RUANG DAN SOSIAL DI ALUN-ALUN SEMARANG TAHUN 1967-1972

  • risa andi arianto Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Square, spatial, social

Abstract

Alun-alun Semarang mengalami perubahan yang terjadi adalah penambahan bangunan-bangunan komersil seperti pasar Yaik dan pasar Johar yang mengambil lahan dari Alun-alun Semarang disebabkan oleh banyak faktor. Pemerintah turut berperan dari kebijakan dan iklim yang diciptakannya, di samping adanya faktor penyebab yang lain, seperti : peranan dari pihak yang berkuasa, benturan orientasi pembangunan, pemodernisasian pasar tradisional.

 

Semarang square undergo changes is the addition of commercial buildings such as markets and market Yaik Johar who took land from Semarang Square is caused by many factors. Government played a role of climate policy and the creation, in addition to any other factor, such as: the role of the party in power, impact orientation of development, pemodernisasian traditional markets.

How to Cite
arianto, risa. (1). PERUBAHAN TATA RUANG DAN SOSIAL DI ALUN-ALUN SEMARANG TAHUN 1967-1972. Indonesian Journal of History Education, 2(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/2210