Komparasi Pelaksanaan Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2006 pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Magelang)

  • Muhamad Jufri Suryawan Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNNES
  • Romadi Romadi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan materi pelajaran sejarah Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2006 di sekolah menengah atas Kabupaten Magelang, mengetahui perbandingan metode atau model pembelajaran sejarah Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2006 di sekolah menengah atas Kabupaten Magelang, mengetahui perbandingan media pembelajaran sejarah Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2006 di sekolah menengah atas Kabupaten Magelang, dan mengetahui perbandingan evaluasi pembelajaran sejarah Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2006 di sekolah menengah atas Kabupaten Magelang. Objek penelitian meliputi tiga sekolah menengah atas di Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data berupa: metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memunculkan fakta bahwa materi pembelajaran sejarah, metode pembelajaran sejarah, media pembelajaran sejarah, dan evaluasi pembelajaran sejarah Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2006 menunjukkan perbedaan dan perbandingan yang signifikan dalam implementasinya pada tiga sekolah lokasi penelitian yaitu SMA Muhammadiyah 1 Muntilan, SMA Negeri 1 Grabag, dan SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan.

Kata Kunci: kurikulum 1994, kurikulum 2006, pembelajaran sejarah

Published
2018-06-27
How to Cite
Suryawan, M., & Romadi, R. (2018). Komparasi Pelaksanaan Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2006 pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Magelang). Indonesian Journal of History Education, 6(1), 66-75. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/27355