Komparasi Pelaksanaan Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2006 pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Magelang)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan materi pelajaran sejarah Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2006 di sekolah menengah atas Kabupaten Magelang, mengetahui perbandingan metode atau model pembelajaran sejarah Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2006 di sekolah menengah atas Kabupaten Magelang, mengetahui perbandingan media pembelajaran sejarah Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2006 di sekolah menengah atas Kabupaten Magelang, dan mengetahui perbandingan evaluasi pembelajaran sejarah Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2006 di sekolah menengah atas Kabupaten Magelang. Objek penelitian meliputi tiga sekolah menengah atas di Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data berupa: metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memunculkan fakta bahwa materi pembelajaran sejarah, metode pembelajaran sejarah, media pembelajaran sejarah, dan evaluasi pembelajaran sejarah Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2006 menunjukkan perbedaan dan perbandingan yang signifikan dalam implementasinya pada tiga sekolah lokasi penelitian yaitu SMA Muhammadiyah 1 Muntilan, SMA Negeri 1 Grabag, dan SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan.
Kata Kunci: kurikulum 1994, kurikulum 2006, pembelajaran sejarah
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal Indonesian Journal of History Education agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.