PERSEPSI SISWA TENTANG KETELADANAN PAHLAWAN NASIONAL UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT KEBANGSAAN

  • Edwin Mirza Chaerulsyah Gedung C2 Lantai 1, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang 50229
Keywords: Perception, Modeling, National Hero, The spirit of Nationality, Teaching History.

Abstract

Based on the research background, problem issues to be studied are (1) How does the history of the subject teachers fostering the values ​​of exemplary national hero in the teaching of history in order to boost the national spirit students of SMA Negeri 4 Tegal, (2) How does the teaching of history in the subject of the national movement and the proclamation of independence and the struggle for independence in Class X, XI and XII SMAN 4 Tegal, (3) How does the perception of students of SMA Negeri 4 Tegal of exemplary national hero in the teaching of history.

 

Berdasarkan latar belakang penelitian, permasalahan permasalahan yang akan dikaji adalah (1) Bagaimana guru mata pelajaran sejarah melakukan pembinaan nilai-nilai keteladanan pahlawan nasional dalam pembelajaran sejarah guna meningkatkan semangat kebangsaan siswa-siswi SMA Negeri 4 Kota Tegal,(2) Bagaimana pembelajaran sejarah pada pokok bahasan pergerakan nasional dan proklamasi kemerdekaan RI serta perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI di Kelas X, XI dan XII SMA Negeri 4 Kota Tegal,(3) Bagaimana persepsi siswa-siswi SMA Negeri 4 Kota Tegal tentang keteladanan pahlawan nasional dalam pembelajaran sejarah.

 

 

Author Biography

Edwin Mirza Chaerulsyah, Gedung C2 Lantai 1, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang 50229
Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Published
2014-10-17
How to Cite
Chaerulsyah, E. (2014). PERSEPSI SISWA TENTANG KETELADANAN PAHLAWAN NASIONAL UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT KEBANGSAAN. Indonesian Journal of History Education, 3(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/3875
Section
Articles