Abstract

Abstrak
Permainan bola basket adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang
masing-masing terdiri dari lima pemain. Seiring berjalannya waktu permainan bola basket dapat
dimodifikasi, salah satunya yaitu permainan bola basket air yang merupakan sebuah modifikasi
permainan yang bertujuan untuk meningkatkan minat, variasi permainan, serta mendorong siswa
agar tidak merasa bosan melakukan permainan bola basket umumnya. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menghasilkan modifikasi basket air pada siswa, agar siswa dapat mengembangkan
aspek psikomotor, afektif, dan kognitif dalam peningkatan aktivitas jasmani melalui pendekatan
permainan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-kuantitatif dengan desain deskriptif.
Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner, angket, dan catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini
analisis data lembar evaluasi uji coba satu aspek psikomotor dengan rata-rata sebanyak 57,48%
(cukup baik). Data lembar evaluasi uji coba II dengan rata-rata sebanyak 81,79% (baik). Simpulan,
para siswa diharapkan menambah pengetahuan dan pemahaman dengan membaca buku, majalah
dan lainnya tentang permainan basket air aspek psikomotor yang dalam penelitian ini masih dalam
kriteria cukup baik sehingga perlu peningkatan pemahaman.
Kata Kunci: Pengembangan, olahraga rekreasi, basket air



Abstract
The game of basketball is one of the sports that is played by two teams consisting of five players each. Over the
course of time basketball games can be modified one of them is a water basketball game which is a game
modification that aims to increase interest, game variation, and encourage students to not feel bored doing
basketball games generally. The purpose of this research is to produce water basket modification in students so
that students can develop psychomotor, affective, and cognitive aspects in increasing physical activity through
game approach. This research is a qualitative-quantitative research with descriptive design. The instruments
used are questionnaires, questionnaires, and field notes. The result of this research is an analysis of evaluation
data of one aspect of psychomotor with average as much as 57,48% (good enough). II trial evaluation sheet data
with an average of 81.79% (good). The conclusion, the students are expected to increase their knowledge and
understanding by reading books, magazines and others about the psychomotor aspect basketball game which in
this research is still in good enough criteria so that the need to increase the understanding.
Keywords: Development, sports recreation, water basket