KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN IPS PADA TINGKAT SMP DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Septian Jatniko Isfandika
Arif Purnomo

Abstract

Evaluation is an important part of the education system because evaluation can find out how far the progress and development of educational outcomes, especially in current conditions. The evaluation tool used must cover three aspects, namely aspects of knowledge, attitudes, and skills. The purpose of this study was to determine the ability of teachers to develop evaluation tools during online learning (on a network) related to three aspects, namely knowledge, attitudes, and skills in Gunungpati District. The method used in this research is descriptive qualitative research. The location of this research is SMP Negeri 24 Semarang and MTs Al-Asror. The results of the study indicate that for the online learning evaluation tool the knowledge aspect, namely the teacher has not shown any development, seen from the results of the lesson plans that have been made which will affect the learning objectives and the objectives of the assessment. In the attitude aspect, it is carried out using observation during learning in a way to determine student discipline in participating in learning and collecting assignments in a timely manner as well as student activity when participating in online learning. On the skill aspect, the teacher still has difficulties in developing instruments for online learning.


Evaluasi merupakan bagian penting dalam sistem pendidikan karena evaluasi dapat mengetahui kemajuan dan perkembangan hasil siswa. Alat evaluasi yang digunakan harus mencakup pada tiga aspek yaitu aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengembangkan alat evaluasi pada saat pembelajaran daring (dalam jaringan) terkait tiga aspek yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan di Kecamatan Gunungpati. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 24 Semarang dan MTs Al-Asror. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk alat evaluasi pembelajaran daring aspek pengetahuan yaitu guru belum menunjukkan adanya pengembangan dilihat dari hasil RPP yang telah dibuat dimana akan berpengaruh pada tujuan pembelajaran serta tujuan penilaiannya. Pada aspek sikap dilakukan dengan menggunakan observasi saat pembelajaran berlangsung dengan cara untuk mengetahui kedisiplinan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan mengumpulkan tugas secara tepat waktu serta keaktifan siswa saat mengikuti pembelajaran daring. Pada aspek keterampilan yaitu guru masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan instrumen pada pembelajaran daring.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Isfandika, S., & Purnomo, A. (2022). KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN IPS PADA TINGKAT SMP DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 4(2), 109-118. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v4i2.54736

References

Afandi, Muhamad. 2013. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang, Indonesia: UNNISULA Press.

Ahmad, Iqbal F. 2020’ Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia’. Dalam Jurnal Pedagogik. No. 01(7).

Farla, W., Nailis, W., & Siregar, L. D. 2021’ Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Guru Di Kota Palembang Pada Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Selaparang’. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 137-142.

Permendikbud. Nomor 109 Tahun 2013. Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pada Pendidikan Tinggi. Jakarta: Permendikbud.

Permendikbud. Nomor 23 Tahun 2016. Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud. Nomor 4 Tahun 2018. Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah. Jakarta: Kemendikbud.

Purnomo, A., Muntholib, A., & Amin, S. 2016’ Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Materi Kontroversi (Controversy Issues) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Semarang’. Jurnal Penelitian Pendidikan, 33(1), 13-26.

Sofyana, L. & Rozaq, R. 2019’ Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun’. Journal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. No. 1(8). Hal. 81-86.

Suprayogi, & dkk. 2007. Pendidikan Ilmu Sosial. Unnes Press.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kemendikbud.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Yunus, N. R, & Rezki, A. 2020’ Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19’. Dalam Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. No. 3(7). Hal. 227-238.