Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Gunungpati

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mifta Husni Choirun Nisa
Arif Purnomo
Noviani Achmad Putri

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of learning models on IPS Learning Outcomes. The object of research includes student and teacher of class VII State Junior High School in Gunungpati District. The approach use in this research is quantitative Expost Facto. Data collection method use in the form of questionnaires and documentation. While the data analysis technique use is regression analysis. The results showed that there is an influence between the learning model use by theacher to the result of the student of class VII State Junior High School in Gunungpati District. The result of calculation of simple regression analysis with equation got value a = 48,504 and b = 0,364 so by using simple linier regression equation formula as follows. Ŷ = 48,504 + 0,364 X . Suggestion for teacher should be more varied using learning modelsin IPS learning. While students so be able to utilize school facilities in accordance with the model of learning use by teachers. So it can be maximized the results of IPS learning. In addition, school should be able to complete the projector facilities in the classroom, the maps as an IPS Learning medium, and allow and facilitate student in the learning process of IPS can be out of class as a processof learning in social study process. So that the learning model is more varied, not monotonous in the classroom.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan guru, hasil belajar, serta pengaruh model pembelajaran yang digunakan guru terhadap hasil belajar IPS Kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Gunungpati. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian meliputi Peserta didik dan guru kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Gunungpati. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah Kuantitatif Ex-Post Facto. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran yang digunakan guru terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Gunungpati. Hasil perhitungan analisis regresi sederhana dengan persamaan didapatkan nilai a = 48,504 dan b = 0,364 sehingga dengan menggunakan rumus persamaan regresi linier sederhana sebagai berikut. Ŷ= 48,504 + 0,364 X. Sedangkan Siswa hendaknya mampu memanfaatkan fasilitas sekolah sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan guru. Sehingga bisa memaksimalkan hasil belajar IPS. Selain itu Sekolah hendaknya mampu melengkapi fasilitas di dalam kelas seperti peta, globe, dan mengijinkan serta memfasilitasi siswa pada proses pembelajaran IPS dapat keluar kelas sebagai proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nisa, M., Purnomo, A., & Putri, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Gunungpati. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(2), 136-139. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i2.36417

References

Nisa, Aisyah Nur Sayidatun. 2016. Analisis Kesiapan Guru IPS di SMP se-Kecamatan Bawang Banjarnegara dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Semarang : Pendidikan IPS FIS UNNES dan MGMP IPS PKN Kota Pekalongan. Harmony Vol .1 No. 1 Hal. 62
Purnomo, Arif. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Semarang: UNNES
Purwanto. 2007. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Setyowati, Rini dan Endang Mulyani. 2016. Efektivitas Pendekatan Scientific dengan PBL dan Problem Solving untuk Meningkatkan Kompetensi dalam Pembelajaran IPS : Jurnal Pendidikan IPS UNY. Harmoni Sosial Vol. 3 No. 1 Hal.75
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)