ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN

Main Article Content

Linda Wijaya
Rochmad Rochmad
Arief Agoestanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP kelas VII ditinjau dari tipe kepribadian dengan model PBL. Dalam penelitian ini, dipilih 8 siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Demak yang berasal dari tipe kepribadian artisan, idealist, guardian, dan rational sebagai subjek penelitian. Metode pada penelitian ini adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Tes penggolongan tipe kepribadian dan wawancara untuk mengetahui tipe kepribadian masing-masing siswa. Tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan wawancara dianalisis untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan aspek kelancaran, keluwesan, keaslian dan elaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek pada tipe kepribadian (1) artisan teridentifikasi pada aspek kelancaran, keluwesan, keaslian dan elaborasi cenderung cukup baik, cukup baik, baik dan tidak baik; (2) guardian teridentifikasi pada aspek kelancaran, keluwesan, keaslian dan elaborasi cenderung cukup baik, kurang baik, kurang baik dan tidak baik; (3) idealist teridentifikasi pada aspek kelancaran, keluwesan, keaslian dan elaborasi cenderung baik, cukup baik, cukup baik dan tidak baik; dan (4) rational pada aspek kelancaran, keluwesan, keaslian dan elaborasi cenderung sangat baik. Serta secara umum rational memenuhi ke empat aspek kemampuan berpikir kreatif matematis, sedangkan tipe artisan, guardian dan idealist tidak memenuhi keempat aspek kemampuan berpikir kreatif matematis.

Article Details

How to Cite
Wijaya, L., Rochmad, R., & Agoestanto, A. (2016). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11401
Section
Articles

References

Anthony, Glenda & Margaret Walshaw. 2009. Characteristics of Effective Teaching of Mathematics : A view from the West. The Journal of Mathematics Education, (2(2): 147­164).
Arends, R.I. 2012. Learning to Teach. New York: The McGraw-Hill Companies.
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Keirsey, David. 1998. Please Understand Me II. 1998. United States of America: Prometheus Nemesis Book Company.
Khoiri, W., Rochmad, R., & Cahyono, A.N. 2013. Problem based learning berbantuan multimedia dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1).
Munandar, U. 2012. Pengembangan kreativitas anak berbakat. Cetakan ke-3. Jakarta : Rineka cipta.
Padmavathy, R.D & Mareesh, K. 2013. Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e­Journal, (2(1), 45­51).
Siswono, T.Y.E & I Ketut B. 2006. Implementasi Teori Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Matematika. Makalah dipresentasikan pada Seminar Konferensi Nasional Matematika XIII, 24 – 27 Juli.
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003 . Jakarta : Depdiknas.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>