KOMPARASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL JIGSAW DAN GI PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Main Article Content

Yoselin Kartikasari
Kartono Kartono
Edy Soedjoko

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran pembelajaran JIGSAW dan GI (Group Investigation) sudah mencapai ketuntasan belajar; manakah yang lebih baik antara rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran JIGSAW dengan  model pembelajaran GI, model pembelajaran JIGSAW dengan pembelajaran Ekspositori, dan model pembelajaran GI dengan pembelajaran Ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boja. Melalui teknik Cluster Random Sampling, terpilih dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan uji , uji proporsi satu pihak, uji ANAVA, dan uji lanjut Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa materi kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran pembelajaran JIGSAW dan GI (Group Investigation) sudah mencapai ketuntasan belajar, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan pembelajaran JIGSAW sama dengan pembelajaran GI, pembelajaran JIGSAW lebih baik daripada pembelajaran Ekspositori, dan pembelajaran GI lebih baik daripada pembelajaran Ekspositori.

Article Details

How to Cite
Kartikasari, Y., Kartono, K., & Soedjoko, E. (2016). KOMPARASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL JIGSAW DAN GI PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9346
Section
Articles

References

Ahmad, dkk. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Jigsaw II pada Materi Materi Pokok Bangun Ruang Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2.8. 804-815.
Arikunto.2007.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Arikunto.2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
BSNP. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Depdiknas. 2004. Standar Kompetensi Kurikulum 2006 Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMA/MA. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan.
Dwijayanti, A. 2014. Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Antara Model PBI dan CORE Materi Lingkaran. Unes Journal of Mathematics Education. 3. 3. 189-195.
Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.
Hertiavi, M.A, dkk. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemapuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.6.1.53-57.
Mutiawati. Nurlaili. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Menganalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Concept Mahasiswa. Majalah Ilmiah BISSOTEK. 9. 1. 30-37.
Rahmawati, D. Implementasi Group Investigation dengan Scientific Approach Berbasis Portofolio Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education. 3.3. 220-230.
Rifa’i, Achmad. Anni, Tri Catharina. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU & MKDK LP3 Universitas Negeri Semarang.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi kedua. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Slavin, Robert E. 1995. Cooperative LearningTheory, Reseacrh, and Practice. USA: A Simon & Schuster Company.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika.Bandung: Tarsito.
Suroto. 2012. Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe JIGSAW pada Materi Prisma dan Limas Kelas VIII. Journal of Primary Education. 1. 2. 51-56.
Suherman, E. et al. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Matematika FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang:Unnes Press.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Invovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>