Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Prokrastinasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se Kecamatan Grobogan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Slamet Wahyu Triyono
Sunawan Sunawan

Abstract

Abstrak


Banyaknya perilaku prokrastinasi dikalangan siswa menjadikan perilaku prokrastinasi penting untuk dieksplorasi lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan konsep diri akademik dengan prokrastinasi pada siswa SMP. Desain penelitian ini adalah ex post facto. Data dikumpulkan dengan menggunakan General Procrastination Scale (GPS) yang diadaptasi dari Lay (1986) dan Academic Self Concept for Adolescents (ASCA) scale yang diapatasi dari Ordaz & Tomasini (2013). Teknik pengambilan sampel menggunakan culster random sampling taraf kesalahan 5% dengan total sampel 221 siswa dari populasi 599  siswa. Hasil analisis regresi hierarkis menunjukan adanya hubungan negatif signifikan antara konsep diri akademik dengan prokrastinasi (R= 0,094, F(4,213)=63,349, p<0,001). Berdasarkan hasil tersebut, maka guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat mengembangkan konsep diri akademik  siswa dengan harapan dapat menurunkan kecenderungan siswa melakukan prokrastinasi.


Abstract


High frequency of procrastination behaviors among students makes procrastination behavior important to be explored further. This research aims to identify the relationship between academic self-concept and procrastination in junior high school students. The design of this research is ex post facto. The data were collected using the General Procrastination Scale (GPS) adapted from Lay (1986) and the Academic Self Concept for Adolescents (ASCA) scale adapted from Ordaz & Tomasini (2013). The sampling technique uses culster random sampling error rate of 5% with a total sample of 221 students from a population of 599 students. Hierarchical regression analysis results showed a significant negative relationship between academic self-concept and procrastination (R = 0.094, F (4.213) = 63.394, p <0.001). Based on these results, the guidance and counseling teacher is expected to develop students' academic self-concepts in the hope of reducing the tendency of students to procrastinate

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Triyono, S., & Sunawan, S. (2021). Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Prokrastinasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se Kecamatan Grobogan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 10(1), 55-63. https://doi.org/10.15294/ijgc.v10i1.36291

References

Abdillah, R. 2011. Perbedaan Konsep Diri Akademik Antara Siswa Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta Dan SMK Diponegoro Yogyakarta. Jurnal Psikologi Interaktif UIN Sunan Kalijaga

Alwisol. (2006). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press

Baron, R. M and Kenny, D. A., (1986). The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research: Conceptual, Strategic, and Statistical
Considerations, Journal of Personality and Social Psychology

Lestari, Handayani. (2010). Perbedaan Prestasi Akademik dan Non akademik Siswa Kelas XI Program Reguler dan Akselerasi di SMA Negeri 4 Malang. Jurnal Edukasi

Mardeka & Himmi. (2018). Hubungan Manajemen Waktu Belajar dan Peran Serta Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA N 5 Batam. Journal Dimensi, Vol. 7, No. 3 : 572-581

Munawaroh, Alhadi & Saputra. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling

Lay, Clarry H. (1986). At Last, My Research Article on Procrastination. Journal of Research in Personality

Ujang, Wibowo & Setyowani. (2014). Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Kabupaten Temanggung. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application

Khotimah, Radjah, Handarini. (2016). Hubungan antara konsep diri akademik, efikasi diri akademik, harga diri akademik dan prokrastinasi akademik pada Siswa SMP di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling

Ommundsen, Y., Haugen, R., & Lund, T. (2005). Academic Self-concept, Implicit Theories of Ability, and Self-regulation Strategies. Scandinavian Journal of Educational Research.

Rumiani. (2006). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa. Journal Psikologi Universitas Diponegoro Vo. 3 No. 2

Syifa, Sunawan, Nusantoro. (2018). Prokrastinasi Akademik pada Lembaga Kemahasiswaan dari Segi Konsep Diri dan Regulasi Emosi. Indonesian Journal of Guidance and Counseling

Subaryana. (2017). Konsep diri dan Prestasi Belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar

Villegas, Tomasini. (2013). Development of an Academic Self Concept for Adolescents (ASCA) Scale. Journal of Behavior, Health and Sosial Issues

Zimmerman, B. J., Greenberg, D., & D. H. Schunk. (2012).Self-regulating academic study time: A strategy approach. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbau

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>