Hubungan antara Dukungan Sosial dan Self Efficacy dalam Menyelesaikan Skripsi
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi atau temuan empiris tentang ada tidaknya hubungan antara dukungan sosial dengan self efficacy dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling Universitas Negeri Semarang Angkatan 2009. Populasinya adalah seluruh mahasiswa jurusasan bimbingan dan konseling angkatan 2009 yang sedang menyusun skripsi yang berjumlah 48 mahasiswa dan menggunakan teknik sampling jenuh, yang semua anggotanya digunakan untuk penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial dan skala self efficacy. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian menggunakan validitas dengan rumus product moment oleh Pearson dan reabilitas instrument dengan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan analisis uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan self efficacymahasiswa dalam menyelesaikan skripsi, dengan nilai thitung = 0,745 > ttabel = 0,288. Simpulan dari penelitian ini yakni ada hubungan yang positif antara dukungan sosial dan self efficacy mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi.
The purpose of this study is to obtain information or empirical findings about the relationship between social support and self-efficacy on guidance and counseling students class of 2009 in Semarang State University. The population is the entire guidance and counseling students who are writing their thesis which consist of 48 students. Saturated sampling technique was used in this study, samples were 48 students also. Data collection techniques using two instruments there are social support scale and self-efficacy scale. The instrument has been tested for validity using Pearson product moment and reliability of the instrument with alpha formula. Data analysis used the descriptive analysis and product moment correlation test. The result of study showed there is a relationship between social support with self-efficacy of students with tcount = 0.745> ttable = 0.288. Conclusionof this research isthere is a positive and significant relationship between social support and self-efficacy.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian- Edisi Revisi. Malang : UMM Press
Bandura, Albert. 1997. Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and company
Feist, J., dan Feist, G.J. 2010. Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika
Muhid, Abdul. 2009. Hubungan antara Self-Control dan Self Efficacy dengan kecenderungan perilaku Prokastinasi Akademik Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN sunan Ampel Surabayaâ€. Surabaya: IAIN Sunan Ampel
Sarafino, E.P. 1994. Health Psychology: Biopsychosocial and Interaction. United States of America: John Wiley & Sons, Inc.