Hubungan antara Dukungan Sosial dan Self Efficacy dalam Menyelesaikan Skripsi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ainun Ni'mah
Imam Tadjri
Kusnarto Kurniawan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi atau temuan empiris tentang ada tidaknya hubungan antara dukungan sosial dengan self efficacy dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling Universitas Negeri Semarang  Angkatan 2009. Populasinya adalah seluruh  mahasiswa jurusasan bimbingan dan konseling angkatan 2009 yang sedang menyusun skripsi yang berjumlah 48 mahasiswa dan menggunakan teknik sampling jenuh, yang semua anggotanya digunakan untuk penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial dan skala self efficacy. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian menggunakan validitas dengan rumus product moment oleh Pearson dan reabilitas instrument dengan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan analisis uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan self efficacymahasiswa dalam menyelesaikan skripsi, dengan nilai thitung = 0,745 > ttabel = 0,288. Simpulan dari penelitian ini yakni ada hubungan yang positif  antara dukungan sosial dan self efficacy mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi.


The purpose of this study is to obtain information or empirical findings about the relationship between social support and self-efficacy on guidance and counseling students class of 2009 in Semarang State University. The population is the entire guidance and counseling students who are writing their thesis which consist of 48 students. Saturated sampling technique was used in this study, samples were 48 students also. Data collection techniques using two instruments there are social support scale and self-efficacy scale. The instrument has been tested for validity using Pearson product moment and reliability of the instrument with alpha formula. Data analysis used the descriptive analysis and product moment correlation test. The result of study showed there is a relationship between social support with self-efficacy of students with tcount = 0.745> ttable = 0.288. Conclusionof this research isthere is a positive and significant relationship between social support and self-efficacy.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ni’mah, A., Tadjri, I., & Kurniawan, K. (1). Hubungan antara Dukungan Sosial dan Self Efficacy dalam Menyelesaikan Skripsi. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1). https://doi.org/10.15294/ijgc.v3i1.3752

References

Alafgani, Azzam pasha. 2013. Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur Upi Dalam Penyelesaian Skripsi. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian- Edisi Revisi. Malang : UMM Press

Bandura, Albert. 1997. Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and company

Feist, J., dan Feist, G.J. 2010. Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika

Muhid, Abdul. 2009. Hubungan antara Self-Control dan Self Efficacy dengan kecenderungan perilaku Prokastinasi Akademik Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN sunan Ampel Surabaya”. Surabaya: IAIN Sunan Ampel

Sarafino, E.P. 1994. Health Psychology: Biopsychosocial and Interaction. United States of America: John Wiley & Sons, Inc.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>