Tingkat Pemahaman Konselor Tentang Kompetensi Professional dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adam Aulia Malik
Kusnarto Kurniawan

Abstract

Kompetensi professional konselor merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh konselor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konselor tentang kompetensi professional dalam pelayanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri se-Kabupaten Pemalangtahun 2014/2015. Populasi dari penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling pada SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan alat berupa angket kompetensi profesional konselor. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konselor di SMA Negeri se-Kabupaten Pemalang tahun 2014/2015 secara umum berada dalam kategori tinggi (71%), secara keseluruhan konselor di SMA Negeri se-Kabupaten pemalang telah paham tentang kompetensi professional konselor pelayanan bimbingan dan konseling.


Professional competence counselor is an important aspect that should be owned by counselor, This study aims to determine the level of understanding about the competence of professional counselors in guidance and counseling services in SMA se-Pemalang year 2014/2015. Population of this research is the guidance and counseling teacher at SMA se-Pemalang. Data collection methods used in this study was a questionnaire with professional competence questionnaire tool counselor. Data analysis technique used is descriptive analysis techniques percentage. The results showed that the level of understanding about counselors in SMA se-Pemalang year 2014/2015 in general are in a high category (71%), overall counselor in SMA throughout the District have understood pemalang on professional competence counselor guidance and counseling services.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Malik, A., & Kurniawan, K. (2015). Tingkat Pemahaman Konselor Tentang Kompetensi Professional dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(2). https://doi.org/10.15294/ijgc.v4i2.7530

References

Gibson, Robert L, Marianne H Mitchell. 2008. Bimbingan dan Konseling Edisi Ketujuh (Edisi Indonesia). Alih Bahasa oleh Yudi Santoso. 2011. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Prayitno, Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Gurudan Dosen.

Winkel. 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>