Keefektifan Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Modelling Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMP
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan layanan penguasaan konten dengan teknik modelling terhadap kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 4 Petarukan berjumlah 314 siswa dan sampel yang berjumlah 39 siswa yang diambil menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunkan skala psikologi dan observasi. Validitas instrumen dengan rumus product moment dan reabilitas instrument dengan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji-T ( t-test). Hasil penelitian menunjukan kemandirian belajar siswa sebelum pemberian treatment pada kategori rendah. Setelah pemberian treatment, kemandirian belajar siswa pada kategori tinggi. Hasil uji t-test menunjukan thitung (20,661) dan ttabel 5% (2,042) sehingga thitung > ttabel .Simpulan dari penelitian ini adalah layanan penguasaan konten dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa.
The purpose of this study is to find out effectiveness of content mastery services with modelling technique on student’s learning independence. The population in this study is all of VIII grade students of SMP N 4 Petarukan which consist of 314 students and the sample of 39 students was selected using purposive sampling technique. Data collection methods were using were psychological scale and observation. The instrument validity using product moment and instrument reliability using Alpha test. Percentage descriptive analysis and t Test were use as the data analysis technique. Research result showed that independence learning before the treatment was in low category. After the treatment, the independence learning was in high category. The t-test result showed that tvalue (20,661) and ttable of 5% (2,042) so that tvalue > ttable. The conclusion of this research is content mastery services with modelling technique effective to develope student’s learning independence.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Hikmawati. Fenti. 2010. Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Moh. Ali & Moh. Asrori. 2005. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara
Muhibinsyah. 2007. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang
Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset
Tahar & Enceng. 2006. Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. 7 [2]: 91-101