Gangguan Perhatian/ Inatensi pada Anak (Studi Kasus pada Siswa Kelas Bawah di SD IT Cahaya Bangsa Semarang pada Tahun Ajaran (2014/2015)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fitri Kusuma Sari
Kusnarto Kurniawan

Abstract

Gangguan perhatian sangat mengganggu perkembangan anak dalam aspek sosial, belajar dan pribadi. Faktor keluarga memiliki pengaruh yang sangat tinggi terhadap perkembangan gangguan perhatian pada anak. Sehingga penelitian ini ingin mengetahui tingkat gangguan perhatian dan pengaruh faktor keluarga terhadap gangguan perhatian yang dialami anak. Sejalan dengan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat gangguan perhatian dan pengaruh faktor keluarga pada siswa kelas bawah SD IT Cahaya Bangsa Semarang. Skala penilaian digunakan untuk mengukur tingkat gangguan perhatian keempat subjek dan wawancara diberikan kepada subjek, wali kelas, teman dan orang tua subjek untuk memperoleh data pengaruh faktor keluarga. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis deskriptif studi kasus. Ditemukan bahwa tingkat gangguan perhatian pada keempat subjek tinggi dan faktor keluarga sangat mempengaruhinya. Faktor keluarga yang sangat berpengaruh adalah pola asuh orang tua yang cenderung kepada pola asuh permisif dan pola asuh otoriter.


Inattention is very disturbing of child development in sosial, learning and personal aspect. Family factors have a very high influence on the development of inattention in children. Therefore, this research would like to know the level of inattention and the influence of femily factors on inattention experienced by children. In line with the objectives of this study to determine the level of inattention and the influence of family factors on the lower grade student SD IT Cahaya Bangsa Semarang. Rating scale used to measure the level of the fourth subject of inattention and interviews given to the subject,homeroom, friends and the parents to obtain the data subject influence of family factors. Data analysis using descriptive analysis and the percentage of descriptive analysis of case studies. It was found that the level of inattention in the fourth subject is very high and the family factors is influencing. A very influential family factors are parenting parents who tend to permissive parenting and authoritarian parenting.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sari, F., & Kurniawan, K. (2015). Gangguan Perhatian/ Inatensi pada Anak (Studi Kasus pada Siswa Kelas Bawah di SD IT Cahaya Bangsa Semarang pada Tahun Ajaran (2014/2015). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(1). https://doi.org/10.15294/ijgc.v4i1.7503

References

Amti, E. & Prayitno. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Diana. 2012. Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang tua Dengan Sikap Kreatif SiswaKelas VIII di MTs Negeri Gresik. Skripsi UIN Malang.

Paternotte, A. & J. Buitelaar. 2010. Attention Deficit Hyperactivity Disorder(Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas). Jakarta: Prenada Media Group.

Pujosuwarno, S. 2004. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: Menara Mas Offset.

Santoso, H. 2012. Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Schaefer, C.&Howard L. M.. How to Help Children with Common Problem. Jurnal Penelitian.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>