Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas VIII D
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk membuktikan ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII.D SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang. Latar belakang penelitian didapat dari hasil wawancara dengan guru BK bahwa tingkat kedisiplinan belajar siswakelas VIII.D kurang, terbuktiadanya siswa tersebut terlambat masuk kelas dengan jumlah 13 siswa,membolos dengan jumlah 8 siswa, tidak menyelesaikan tugas tepatwaktu dengan jumlah 10 siswa, dantidak mengerjakan PR sejumlah 5 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desainone group pre-test and post-test.Populasi penelitian ini adalahkelas VIII.D SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang sejumlah 30 siswa. Teknik sampeladalah purposive samplingsehingga didapatkansebanyak 10 siswa. Analisis data menggunakandeskriptif presentase dan uji sign test wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kedisiplinan belajar siswa sebelum memperoleh perlakuanbimbingan kelompok, diperoleh kriteria sedang (65,6%). (2) kedisiplinan belajar siswa setelah bimbingan kelompok, kriteria meningkat menjadi tinggi (76,1%). (3) Ha diterima dan Ho ditolak, kesimpulannya adalah“Ada pengaruh yang signifikan dari layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar pada siswa kelas VIII.D SMP Negeri 41 Gunungpati Semarang Tahun Ajaran 2014/2015â€.
The objective of the research is to prove whether the effect of group counseling services to students discipline at grade VIII.D Junior High School 41 Gunungpati Semarang. The background of the research come from interviews to the counseling services teacher that VIII.D grade students level lack of discipline, it is proved that there aresome studentswho come late to the class amount 13 students, 8 students absent, 10 students do not complete the task on time, and 5 students do not did homework. This research is an experimental research design with one group pre-test and post-test. The population of the research are30 students at VIII.D grade Gunungpati SMP Negeri 41 Semarang. Sampling technique is purposive sampling to get 10 students. The data analysis using descriptive percentage sign test and Wilcoxon test. The results showed that (1) students learning discipline before got group counseling, it get medium criteria (65.6%). (2) students learning discipline after group counseling, the criteria increased (76.1%). (3) Ha accepted and Ho rejected, the conclusion is "There is a significant effect of group counseling services to the learning discipline at grade VIII.D Junior High School 41 Gunungpati Semarang Academic Year 2014/2015â€.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Rusdinal dan Elizar.2005. Pengelolaan Kelas di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Akademi Manajemen Perusahaan.
Tu’u, Tulus S. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman, 2007.Interaksi dan Motivasi Balajar Mengajar.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sukaji, Sutarlin. 1998. Mengajar Anak Berdisiplin Diri, di Rumah dan di Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.