EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMP TEUKU UMAR SEMARANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sri Hapsari Lestari
Tukidi .
Asep Ginanjar

Abstract

The purpose of this study was to determine the effectiveness of PBL learning models in learning process of social studies class on the VII grade students’ of SMP Teuku Umar Semarang from the teacher skill of managing the learning process, students activity in the learning process, and students’ learning outcomes classically.This research uses quantitative method with pre-experimental design with one group pretest post-test design. Data collection methods used are tests, observations, and documentation.The results showed that teacher included high category in learning activities, learning results had increased and achieved completeness in classical manner, so it can be said that learning process using PBL learning model is effective.The calculation results of tcount = -30, 428 and t table = 2.039 because thitung<ttable then Ho is rejected. This means that the posttest results are better than the results of the pretest, or there is an increase in results.


 


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PBL dalam pembelajaran IPS kelas VII SMP Teuku Umar Semarang kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar secara klasikal.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen menggunakan pre-eksperimental design dengan desain one group pretest postest design.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam mengola pembelajaran termasuk kategori tinggi, aktivitas belajar masuk pada kategori tinggi, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan secara klasikal, sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL efektif. Hasil perhitungan thitung=-30, 428  dan ttabel = 2,039 karena thitung < ttabel maka Ho ditolak. Hal ini berarti hasil posttest lebih baik daripada hasil pretest, atau ada peningkatan hasil.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Lestari, S., ., T., & Ginanjar, A. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SMP TEUKU UMAR SEMARANG. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(1), 84-93. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i1.30454

References

_____2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan A&D. Bandung: Alfabeta.
_____2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan A&D. Bandung: Alfabeta.
Gunawan, I. dan Anggarini, R. P. 2012. Taksonomi Bloom Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan,Penilaian. Dalam Premier Educandum. Vol. 02. No. 02. Hal. 98-117.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
https://asefts63.files.wordpres com/2011/01/permendiknas-no 22-tahun-2006-standar isi.pdf(31 Jan.2018).
Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015:Mata Pelajran IPS SMP/MTS. Jakarta: Badan Pengenbangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006. Jakarta: diunduh dari
Putra, S. R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.
Rusmono. 2017. Strategi Pembelajran dengan Problem Based Learning Itu Perlu:Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Salam, R. 2017’Model Pembelajaran Inkuiri Sosial dalam Pembelajaran IPS. Dalam Harmoni. Vol 2. No. 1. Hal. 7 12.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: CV. Sinar Baru.
Slameto.2010. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Susilo, F. A. 2013. ‘Peningkatan efektivitaspada Proses Pembelajaran’. Artikel Penelitian.Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.