PENGARUH METODE TOKEN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII MTS NU 01 TARUB TEGAL TAHUN AJARAN 2021/2022

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nur Meitasari
Aisyah Nur Sayidatun Nisa

Abstract

The problem of low student learning outcomes in Social Science subjects at MTS NU 01 Tarub Tegal. This happens because the learning method used is still using conventional learning methods, so the learning atmosphere often makes students bored, tends to be passive and difficult to invite to be more active, creative, and confident. The purpose of the study was to determine the effect of the Token Economy method on learning outcomes and the

The problem of low student learning outcomes in Social Science subjects at MTS NU 01 Tarub Tegal. This happens because the learning method used is still using conventional learning methods, so the learning atmosphere often makes students bored, tends to be passive and difficult to invite to be more active, creative, and confident. The purpose of the study was to determine the effect of the Token Economy method on learning outcomes and the application of the Token Economy method in learning Social Sciences for class VIII E MTS NU 01 Tarub Tegal students. The type used in this research is quasi-experimental with purposive sampling technique Data collection techniques include using a test (multiple choice and essay) a total of 10 questions, observation, documentation. The data analysis technique used SPSS 25. The results of the on thethe two-sample test uses the T-test if tcount ttable. Then it can be seen that tcount ttable (0.476 > 0.000) at a significance of 0.05. This indicates that there is a significant difference between the control class and the experimental class so that the results of H0 are rejected and Ha is accepted. So there is an effect of using the Token Economy learning method on the social studies learning outcomes of class VIII E MTS NU 01 Tarub Tegal students.

Permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTS NU 01 Tarub Tegal. Metode pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, sehingga suasana belajar sering membuat siswa jenuh, cenderung pasif dan sulit diajak untuk lebih aktif, kreatif, dan percaya diri. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode Token Ekonomi terhadap hasil belajar serta penerapan metode Token Ekonomi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas VIII E MTS NU 01 Tarub Tegal. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data antara lain dengan menggunakan test (pilihan ganda dan essay) sejumlah 10 soal, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS 25. Hasil dari penelitian pengujian dua sampel menggunakan uji-T jika thitung ≥ ttable. Maka dapat diketahui bahwa thitung ≥ ttable (0.476> 0.000) pada signifikasi 0, 05 menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikasi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sehingga didapat hasil H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Token Ekonomi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII E MTS NU 01 Tarub Tegal.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Meitasari, N., & Nisa, A. (2022). PENGARUH METODE TOKEN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII MTS NU 01 TARUB TEGAL TAHUN AJARAN 2021/2022. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 4(2), 159-169. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v4i2.57525

References

Agustina, Umi, Iva. (2018).Pengaruh Teknik Token Economy Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santriwati Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustha Kelas Isti’dad (Persiapan) Di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya Tahun Ajaran 2017-2018.Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Arif, Purnomo Dkk. 2016. Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Materi Kontroversi (Controversy Issues) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Semarang. Dalam Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP), Vol. 33 No.1, Hal.13-25. Semarang: UNNES.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Budini Dwi Apsari, Ni Kadek, dkk Efektivitas Model Konseling Behavioral Teknik Token Economy Dan Teknik Positive Reinforcement Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas X Sma Lab. Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. E-journal Undiksha Jurusan Bimbingan Konseling.Vol 2 No 1 Tahun 2014
Filaili Yuniana Sari (2015) Evektivitas Metode Token Ekonomi Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V di SDIT Bakti Insani Sleman. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Indrijati H, Airlangga U. Efektivitas Metode Modifikasi Perilaku ” Token Economy ” Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas ( The Effectiveness Of Behavior Modification Method Of ” Token. 2009;Vi(1):43–54.
Julaikhah S, Ismawati P. Efektifitas Pemberian Reward melalui Metode Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini pada Kelompok A di RA Al-Akbar Sukoanyar Kabupaten Mojokerto. PROCEEDING Annu Int Conf Islam Educ. 2018;3(2):27–32.
Mukminan, dkk. 2017. Buku Siswa IPS VIII Kurikulum 2013, Kemendikbud edisi revisi 2017
Novi Irwan Nahar. Penerapan Teori Belajar Behavioristik Ddalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol 1 No 1 Tahun 2016.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rifa’i Achmad, Anni Tri Cathrina. (2016). Psikologi Pendidikan, Semarang: UNNES Press
Sapriya. (2011). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprayogi, dkk. 2011. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Semarang: Widya Karya.
Susanto Hendra Tri dan Budiani Meita Santi. Metode Pembelajaran Dengan Token Ekonomi Untuk Mengatasi Siswa Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto Hendra Tri Susanto Meita Santi Budiani. 2013;2(1):1–7.
Susilo Dewi, dkk. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar IPS Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa VIII di SMP Negeri 29 Semarang. Jurnal Pembelajaran IPS. Vol. 1 No. 1
Sutrisno (2020) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Online dengan Google Classroom di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol 5 No. 1 Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19