KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KNISLEY BERDASARKAN SELF EFFICACY

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nadia Sefiany
Masrukan Masrukan
Zaenuri Zaenuri

Abstract

Tujuan  penelitian  ini adalah  untuk mengetahui  keefektifan pembelajaran matematika  dengan  Model  Knisley  dan  mendeskripsikan  kemampuan komunikasi  matematis  siswa berdasarkan  self  efficacy. Jenis penelitian  ini adalah penelitian  mixed methods dengan  explanatory sequential design. Populasinya adalah siswa  kelas  VII SMP  N  13 Magelang.  Pengambilan sampel  dilakukan  dengan teknik random sampling, diperoleh  kelas VII B sebagai kelas eksperimen  dan kelas VII A sebagai  kelas kontrol.  Subjek penelitian  2 siswa self  efficacy  tinggi dan  2 siswa self  efficacy rendah. Pengumpulan data meliputi  skala, tes, dan wawancara. Data  dianalisis  dengan uji proporsi,  uji perbedaan  rata-rata,  uji beda  rata-rata berpasangan, dan deskriptif  kualitatif.  Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  (1) proporsi kemampuan komunikasi  matematis  siswa  kelas  eksperimen  mencapai ketuntasan  belajar klasikal 75%, (2) rata-rata  kemampuan komunikasi matematis siswa   kelas   eksperimen   lebih   baik   dari   rata-rata kemampuan  komunikasi matematis  siswa  kelas  kontrol,  (3) terdapat peningkatan rata-rata  kemampuan komunikasi  matematis  siswa kelas eksperimen dalam kategori tinggi yaitu sebesar 0,72,  (4) siswa  dengan  self efficacy  tinggi  memenuhi empat  aspek  kemampuan komunikasi  matematis, dan  (5) siswa dengan  self  efficacy  rendah  memenuhi tiga aspek kemampuan komunikasi  matematis.

The  purpose of this research was to determine  the effectiveness of mathematics  learning using Knisley's Models and describe students' mathematical communication skills based on self  efficacy.  The method  used in this  research is  a mixed  methods with explanatory sequential design. The population  is the seventh­grade students of SMP N 13 Magelang. Sampling was conducted by random sampling  technique,  is obtained as an experimental class in seventh  grade B and the seventh grade A as a control class. The subject of this research is 2 high self efficacy students  and 2 low self efficacy students. The data collection includes  scale, tests and interviews. Data were analyzed  by proportion test, the average difference  test,  different  average  in pairs  test, and a descriptive qualitative.  The results showed  that  (1) the  proportion of student's  mathematical  communication  skills  in experimental   class can reach  75% classical  completeness,  (2) the  average of  student's mathematical communication skils experimental  class is better than the average of student's mathematical communication skils control class, (3) there is an average increase in students' mathematical communication skills experimental  class in high category amounts 0,72, (4) students with high self efficacy meet  four aspects of mathematical communication skills, and (5) students with low self efficacy meet three aspects of mathematical communication skills.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sefiany, N., Masrukan, M., & Zaenuri, Z. (2017). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KNISLEY BERDASARKAN SELF EFFICACY. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 227 - 233. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i3.12014