DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SMP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesulitan siswa dalam memahami dan menggunakan konsep/prinsip dalam materi Persamaan Garis Lurus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Kertanegara Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian dan simpulan yang diperoleh antara lain jenis kesulitan siswa dalam materi persamaan garis lurus adalah (1) kesulitan dalam kemampuan menerjemahkan (linguistic knowledge) ditunjukkan dengan kesalahan dalam menafsirkan bahasa soal; (2) kesulitan dalam menggunakan prinsip termasuk didalamnya siswa tidak memahami variabel, kurangnya penguasaan dasar-dasar aljabar dan kurangnya kemampuan memahami (schematic knowledge) yang ditunjukkan dengan kesalahan dalam mengubah bentuk persamaan, kesalahan dalam komputasi aljabar, kesulitan dalam menerapkan prinsip gradien tegak lurus dan kesalahan dalam operasi bilangan; (3) kesulitan dalam menggunakan konsep termasuk didalamnya ketidakmampuan untuk mengingat konsep, ketidakmampuan mendeduksi informasi berguna dari suatu konsep dan kurangnya kemampuan memahami (schematic knowledge) yang ditunjukkan dengan kurang lengkap dalam menuliskan rumus; dan (4) kesulitan dalam kemampuan algoritma termasuk didalamnya kurangnya kemampuan perencanaan (strategy knowledge) dan dalam kemampuan penyelesaian (algorithmic knowledge) ditunjukkan dengan tidak mengerjakan soal, krang langkah, belum selesai, kurangnya ketelitian siswa dalam mengerjakan.
The purpose of this study was to determine the student difficulties type in understanding and using concepts / principles in the equation of straight lines material. This type of study is a qualitative study. Subjects in this study were students in grade VIII-C SMP Negeri 2 Kertanegara Purbalingga school year 2011/2012. The method used in this study is the method of documentation, testing, and interviews. The results and conclusions obtained among other types of difficulties students in the material equation of a straight line is (1) the difficulty in translating abilities (linguistic knowledge) are indicated by an error in interpreting the language problem, (2) difficulty in using the principle of including the students do not understand the variables, lack of mastery of the fundamentals of algebra and a lack of ability to understand (schematic knowledge) are indicated by an error in changing the form of the equation, the error in the computational algebra, difficulties in applying the principle of vertical gradients and errors in the operation number, (3) difficulty in using the concept includes inability to remember the concept, the inability to deduce useful information from a concept and a lack of ability to understand (schematic knowledge) as indicated by the complete lack of writing down the formula, and (4) difficulties in the ability of the algorithm including the lack of planning skills (strategy knowledge) and the ability of the settlement (algorithmic knowledge) is shown with no work on the problems, krang step, not yet finished, the lack of rigor in the work of students