KEEFEKTIFAN MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arinto Surya Priambodo
Sugiarto Sugiarto
Adi Nur Cahyono

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran Learning Cycle berbantuan alat peraga materi bangun ruang mencapai ketuntasan belajar dan mengetahui bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didikyang mendapatkan model pembelajaran Learning Cycle berbantuan alat peraga lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapatkan pembelajaran ekspositori berbantuan alat peraga. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Selomerto tahun pelajaran 2012/2013 yang tersebar dalam enam kelas. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimen mengacu tipe Posttest-Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling, terpilih peserta didik kelas VIII E sebagai kelas kontrol mendapatkan pembelajaran ekspositori berbantuan alat peraga dan peserta didik kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran model Learning Cycle berbantuan alat peraga.Uji ketuntasan belajar menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematispeserta didik kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Arinto Surya Priambodo, Semarang State University

Mathematics Department
How to Cite
Priambodo, A., Sugiarto, S., & Cahyono, A. (2014). KEEFEKTIFAN MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i2.4469

References

Agustyaningrum, N. 2010. Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman. Skripsi.Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Depdiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Depdiknas. 2008. Analisis SI Dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Depdiknas, 2012. Laporan hasil Ujian Nasional SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012. BSNP.
Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, (1) : 78-81
Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. [Online]. Tersedia: www.wested.org/lfa/NCTM2000.pdf [diakses 27 Februari 2013].
Rochmad dkk. 1999. Pengenalan Desain Alat Peraga Matematika dan Pengadaan Produknya Pada Pengrajin Gerabah Industri Rumah Tangga, Laporan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Penerapan IPTEK. Semarang: LPM, IKIP Semarang.
Ruseffendi. 1994. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.
Suherman, E, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>