KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TAPPS STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MATERI LINGKARAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ari Isnaeni
Mashuri Mashuri
Putriaji Hendikawati

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran TAPPS strategi REACT terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII pada materi lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Ungaran tahun ajaran 2014/2015 yang sampelnya diambil secara cluster random sampling. Kemampuan komunikasi matematis peserta didik diambil berdasarkan metode tes. Hasil dari penelitian ini adalah: pembelajaran TAPPS strategi REACT tuntas dan rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik mencapai KKM; persentase ketuntasan belajar peserta didik pada
pembelajaran TAPPS strategi REACT lebih tinggi daripada persentase
ketuntasan belajar peserta didik pada pembelajaran DI; serta rata-rata
kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pembelajaran TAPPS strategi REACT lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pembelajaran DI. Hasil tersebut menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran TAPPS strategi REACT efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada sub materi garis singgung lingkaran; dan (2) pembelajaran TAPPS strategi REACT lebih efektif daripada pembelajaran DI terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Ari Isnaeni, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Education Study Program

Mashuri Mashuri, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Study Program

Putriaji Hendikawati, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Study Program
How to Cite
Isnaeni, A., Mashuri, M., & Hendikawati, P. (2015). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TAPPS STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MATERI LINGKARAN. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9044

References

Ahmad, A., et al. 2008. A Cognitive Tool to Support Mathematical Communication in Fraction Word Problem Solving. WSEAS Journal. 4(7): 228-236. Tersedia di https://www.researchgate.net/profile/Siti_S alwah_Salim/publication/233918363_A_co gnitive_tool_to_support_mathematical_com munication_in_fraction_word_problem_solv ing/links/0fcfd50d287ae66c40000000.pdf [diakses 28-01-20015].
Arifin, A.T., et al. 2014. Keefektifan Strategi Pembelajaran REACT pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. Jurnal Kreano. 5(1): 91-98. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/k
reano/article/view/3282/3227 [diakses 24- 06-2015].
Benham, H. 2009. Using “Talking Aloud Pair Problem Solving” To Enhance Student Performance In Productivity Software Course. Issues in Information Systems. 10(1): 150-154. Tersedia di http://iacis.org/iis/2009/P2009_1250.pdf
[diakses 05-02-2015].
BNSP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.
Brenner, M. E. 1998. Development of Mathematical Communication in Problem Solving Groups By Language Minority Students. Bilingual Research Journal. 22(2, 3, & 4) 103-128. Teredia di http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/downl oad?doi=10.1.1.119.5920&rep=rep1&type= pdf [diakses 25-01-2015].
Crawford, M. L. 2001. Teaching Contextually: Research, Rationale, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics and Science. Waco Texas: CCI Publishing, Inc. Tersedia di http://www.cord.org/uploadedfiles/Teachi ng Contextually (Crawford).pdf [diakses 28- 01-2015].
Elliot, S.N., et al. 2000. Educational Psychology: effective teching, effeective learning (3rd ed). United States: McGraw-Hill.
Johnson, S. D. & Chung, S. 1999. The Effect of Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) on the roubleshooting Ability of Aviation Technician tudents. Journal of Industrial Teacher Education. 37(1). Tersedia
Di http://scholar.lib.vt.edu/ejournals/JITE/v3 7n1/john.html [diakses 28-02-2015].
Maula, N., et al. 2013. Keefektifan Pembelajaran Model TAPPS Berbantuan Worksheet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Lingkara. Unnes Journal of Mathematics Education. 2(1): 32-39. Tersedia
Di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme [diakses 24-26-2015].
NCTM. 2000. Principles and Standards for School mathematics. United States: NCTM.
Rifa’i, A. & Anni, C.T. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Whimbey, A. & Lochhead, J. 1999. Problem Solving and Comprehensiaon (6th ed.) New Jersey : Lawrence Elbaum Associates. Woolfolk, A. 2001. Educational Psychology Eighth Edition. United States of America: Pearson Education Company.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2