KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGIEMPAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lusi Nofitasari
Zaenuri Mastur
Mashuri Mashuri

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik SMP N 5 Kebumen masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran tutor sebaya bernuansa etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi segiempat. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 5 Kebumen tahun pelajaran 2014/2015. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode untuk memperoleh data meliputi metode dokumentasi, tes tertulis, dan angket. Data dianalisis menggunakan uji proporsi satu pihak, uji rata-rata satu pihak, uji perbedaan dua proporsi, uji perbedaan dua rata-rata, dan analisis regresi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran tutor sebaya bernuansa etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi segiempat

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nofitasari, L., Mastur, Z., & Mashuri, M. (2016). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGIEMPAT. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9336

References

Achor et al. 2009. Effect of Ethnomathematics Teaching Approach on Senior Secondary Students’ Achievement and Retention in Locus. Academic Journal, 4(8): 385-390.
Aljaberi, N. M. 2015. University Students’ Learning Styles and Their Ability to Solve Mathematical Problems. International Journal of Bussines and Social Sciences, 6(4): 152-165.
Arvyati et al. 2015. Effectivity of Peer Tutoring Learning to Increase Mathematical Creative Thinking Ability of Class XI IPA SMAN 3 Kendari 2014. International Journal of Education and Research, 3(1): 613-628.
Hidayati, S. 2015. Pembelajaran Kooperatif dengan Tutor Sebaya pada Materi Ajar Statistika. Dinamika, 5(3): 1-8.
Jarvis, M. 2009. Teori­Teori Psikologi: Pendekatan Modern untuk Memahami Perilaku, Perasaan & Pikiran Manusia (edisi ketiga). Bandung: Nusa Media.
Mastur, Z. et al. 2013. Pengembangan Inovasi Pembelajaran dan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika untuk Memperkuat Karakter Peserta Didik. Semarang: Unnes.
Paul, S. 2013. Attitude of Secondary School Students Towards Mathematics in Relation to Their Problem-Solving Ability in Mathematics. Conf lux Journal of Education, 1(6).
Sirate, F. S. 2012. Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan, 15(1): 41-54.
Suherman, E. et al. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (Edisi Revisi). Universitas Pendidikan Indonesia: JICA.
Supriadi et al. 2014. Developing Mathematical Metodeing Ability Students Elementary School Techer Education through Ethnomathematics-Based Contextual Learning. International Journal of Education and Research, 2(8): 439-452.
Tiwari, M. 2014. Peer Tutoring: A Step Forward Towards Inclusion. Journal, 3(7):10-17.
Wahyuni, A. et al. 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangung Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.