EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GROUP TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “3 IN 1” DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abid Khoirul Ismail
Sugiman Sugiman
Putriaji Hendikawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang diterapkan model pembelajaran TGT dengan media “3 In 1†lebih baik dibandingkan model ekspositori dengan media “3 In 1†maupun model ekspositori dan apakah hasil belajar peserta didik yang diterapkan model ekspositori dengan media “3 In 1†lebih baik dari model ekspositori. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IX SMP Negeri 13 Semarang. Sampel penelitian dipilih dengan teknik random sampling yaitu peserta didik kelas IXF sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan pembelajaran TGT dengan media “3 In 1â€,  IXE sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran ekspositori dengan menggunakan media “3 In 1â€, dan kelas IXG sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes uraian. Metode analisis data menggunakan uji-t, anava, dan diuji lanjut dengan Tukey-Kramer. Berdasarkan uji-t diperoleh artinya rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 2 lebih baik dari kelas kontrol. Ketiga sampel memiliki rata-rata hasil belajar yang berbeda berdasarkan uji anava diperoleh . Setelah diuji lanjut dengan Tukey-Kramer menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen 1 lebih baik dibandingkan kelas eksperimen 2 maupun kelas kontrol. Kesimpulannya adalah model pembelajaran TGT dengan menggunakan media “3 In 1†efektif terhadap hasil belajar peserta didik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Abid Khoirul Ismail, Semarang State University

Mathematics departement

Sugiman Sugiman, Semarang State University

Mathematics departement

Putriaji Hendikawati, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Ismail, A., Sugiman, S., & Hendikawati, P. (2013). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GROUP TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “3 IN 1” DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i2.3335

References

Afiati, Z. N. 2010. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Bantuan Media CD Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum Kelas XI IPS di SMA Negeri I Bawang Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2009/2010. Semarang : Universitas Negeri Semarang. Tersedia di http://lib.unnes.ac.id/11545/1/12455 A.dot [diakses 26-2-2013]

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Mulyasa, E. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Pusparini, Novi. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Tersedia di http://digilib. uin -suka.ac.id/6073/1/BAB%20I,V,% 20DAFTAR %20 PUSTAKA.pdf [diakses 26-2-2012]

Slavin, Robert. 2011. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Suyitno, Amin. 2004. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang : UNNES.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>