Hubungan Antara Pemahaman Konsep Dan Kecemasan Menghadapi Mata Kuliah Teori Grup Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara pemahaman konsep matematis dan kecemasan menghadapi mata kuliah teori grup dengan prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV kelas E Program Studi pendidikan Matematika FKIP UNSIKA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep, angket kecemasan menghadapi mata kuliah teori grup, dan hasil akademik mahasiswa. Dari hasil analisis korelasi sederhana, diperoleh nilai koefisien korelasi antara pemahaman konsep matematis dengan prestasi akademik mahasiswa sebesar 0,755 dan untuk nilai koefisien korelasi antara kecemasan menghadapi mata kuliah teori grup dengan prestasi akademik mahasiswa sebesar −0,413. Kemudian untuk nilai koefisien korelasi ganda antara pemahaman konsep dan kecemasan menghadapi mata kuliah teori grup dengan prestasi akademik mahasiswa sebesar 0,789. Berdasarkan perolahan data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman konsep matematis dengan prestasi akademik mahasiswa, terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara kecemasan menghadapi mata kuliah teori grup dengan prestasi akademik mahasiswa dan terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep dan kecemasan menghadapi mata kuliah teori grup dengan prestasi akademik mahasiswa.
The purpose of this study was to describe the relationship between understanding mathematical concepts and the anxiety of student when facing up the theory group class based on the student academic achievement. This experiment is a quantitative experiment with descriptive method. Subjects in this study were fourth semester students in E class of Mathematics education programme on Educational Science faculty. The instrument used in this study is a concept understanding test, the anxiety questionnaire in facing the group theory class, and student academic results. From the results of a simple correlation analysis, a correlation coefficient is obtained between understanding mathematical concepts with student academic achievement is 0.755 and for the correlation coefficient between the anxiety in facing group theory class with student academic achievement is -0.413. Then for the multiple correlation coefficient between concept understanding and the anxiety in facing group theory courses with student academic achievement is 0.789. Based on the processed data, it can be concluded that there is a positive and significant relationship between understanding mathematical concepts with student academic achievement, there is a negative and significant relationship between the anxiety in facing group theory courses with student academic achievement and there is a significant relationship between concept understanding and the anxiety in facing theory group class with student academic achievement.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustiar, W., dan Asmi, Y. (2010). Kecemasan Menghadapi Ujian Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri X Jakarta Selatan. Jurnal Psikologi. 8 (1), 9-15.
Arnawa, I Made. (2009). Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memvalidasi Bukti pada Aljabar Abstrak melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS. Jurnal Matematika dan Sains 14(2), 62-68.
Astuti, E.P. (2006). Identifikasi kesalahan menyelesaikan kesalahan kalkulus lanjut mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Dahar, R.W. (1988). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Durand, V.M. & Barlow, D.H. (2006). Intisari Psikologi Abnormal. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Findell, B. R. (2001). Learning and Understanding in Abstract Algebra. Unpublished, PhD Thesis. University of New Hampshire.
Kesumawati, N. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Disertasi Doktor pada PPs UPI: tidak dipublikasikan.
Listiawati, E. (2015). Pemahaman Mahasiswa Calon Guru Pada Konsep Grup. Jurnal APOTEMA, 1(2), 76-86.
Rosmaiyadi. (2018). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Aljabar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Stkip Singkawang. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 59-70.
Rubowo, M.R., Purwosetiyono, F.D., & Wulandari, D. (2017). Pemahaman Konsep Mahasiswa Tentang Ring Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar 2 Ditinjau Dari Pemikiran Kreatif Pada Siswa Kelompok Atas. Jurnal Silogisme Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 2(2), 69-73.
Slamet, H.W. (2004). Problematika pengajaran kalkulus-1 mahasiswa semester awal. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 16 (1).
Sutiarso, S. (2010). Pengaruh Penerapan Teori APOS dalam Pembelajaran Kalkulus Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa. Disertasi Doktor pada PPs UPI: tidak dipublikasikan.
Qohar, A. (2010). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman, Koneksi dan Komunikasi Matematis Serta Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP melalui Reciprocal Reaching. Disertasi Doktor pada PPs UPI: tidak dipublikasikan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.