Geometer’s Sketchpad (GSP) dan Pemahaman Konsep Geometri Analitik Bidang

Hodiyanto Hodiyanto, Danar Santoso

Abstract

Catatan Editor: Naskah ini sudah publish, dan kemudian mendapat kritik dan masukan dari pembaca. Berdasarkan rapat dewan editor, kami me-non aktif-kan sementara naskah ini beberapa waktu. Tanggal 30 April 2020, kami mengaktifkan kembali metadata dengan beberapa catatan terlampir pada tautan ini.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis aplikasi geometer’s sketchpad dapat meningkatankan secara signifikan terhadap pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik bidang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitiannya eksperimental semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut didapat subjek penelitiannya adalah mahasiswa kelas C semester II Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran. Sesuai dengan teknik pengumpul data yang digunakan maka alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa tes essai. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial (uji t).  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbantuan aplikasi geometer’s sketchpad (GSP) secara signifikan berpengaruh terhadap pemahaman konsep mahasiswa dalam memperlajari konsep geometri analitik bidang.

The purpose of this study was to show how learning based on the geometer’s sketchpad application can be significantly improved to students' understanding of concepts in the field of analytic geometry. The research method used in this research was quantitative research with quasi-experimental research form. The sampling technique used cluster random sampling technique. Based on this technique, the research subjects obtained were C grade students in the second semester of Mathematics Study Program IKIP PGRI Pontianak. The data collection technique used in this study was measurement. In accordance with the data collection techniques used, the data collection tool used in this study was tests that contain essay tests. Data analysis techniques in this study used inferential statistics (t test). Based on the results of research and discussion, it could be concluded that the learning assisted by the application of the geometer’s sketchpad (GSP) significantly effect to students' understanding of concepts in learning the plane analytic geometry concepts.


Keywords

geometer scetpche; concept understanding; geometry

References

Abdullah, N. H. L. B. (2005). The effectiveness of using dynamic geometry software on students’ achievement in geometry. Unpublished master’s thesis, University Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia.

Hendrian, Rohaeti, & Sumarmo (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hodiyanto, H. & Haryadi, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Dengan Pendekatan Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(2).

Hodiyanto, H., Budiyono, B., & Slamet, I. Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Dengan Pendekatan Pmr Terhadap Prestasi Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(2).

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds.). (2001). Adding it up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Leong, Y. H., & Lim-Teo, S. K. (2003). Effects of geometer's sketchpad on spatial ability and achievement in transformation geometry among secondary two students in Singapore. The Mathematics Educator, 7(1), 32-48.

Meng, C. C., & Sam, L. C. (2011). Encouraging the innovative use of Geometer’s Sketchpad through lesson study. Creative Education, 2(03), 236.

Meng, C. C. (2012). Assessing Pre-Service Secondary Mathematics Teachers'attitude Towards Geometer's Sketchpad. Asia Pacific Journal of Educators and Education, 27, 105-117.

Meng, C. C., & Sam, L. C. (2013). Enhancing primary pupils’ geometric thinking through phase-based instruction using the Geometer’s Sketchpad. Asia Pacific Journal of Educators and Education, 28, 33-51.

Nordin, N., Zakaria, E., Mohamed, N. R. N., & Embi, M. A. (2010). Pedagogical Usability of the Geometer's Sketchpad (GSP) Digital Module in the Mathematics Teaching. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 9(4), 113-117.

Sumarmo, U. (2010). Berpikir Dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Bandung: FPMIPA UPI.

Santika, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 2(1).

Susanta, A., Rusdi, & Maizora, S. (2007) Panduan Manipulatif Digital Menggunakan Geometer’s Sketchpad. Makalah Disampaikan dalam Pelatihan Penggunaan Manipulatif Digital untuk Pembelajaran Matematika SMP di Kota Bengkulu.

Toh, T. L. (2004). Use of Geometer’s Sketchpad (GSP) to teach mechanics concepts in A Level Mathematics.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.